Ilustrasi bisnis online. (Foto: Unsplash.com/Campaign Creators)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pandemi virus corona mengubah kebiasaan orang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Begitu pula dengan bisnis yang harus mampu beradaptasi dengan situasi terbaru saat ini.

Pimpinan Facebook Indonesia, Peter Lydian, dalam keterangan pers, dikutip Sabtu (2/1/2020), melihat trend sosial akan memengaruhi bisnis tahun ini.

Menurut Peter, toko fisik akan tetap menjadi bagian penting dalam komunitas lokal. Namun, berdasarkan trend 2020 lalu, perdagangan elektronik akan terus tumbuh, didukung sejumlah trend dan perkembangan teknologi.

Video pendek dan perangkat mobile, kata dia, diperkirakan akan menjanjikan bagi keberlangsungan bisnis tahun ini. Karantina wilayah di berbagai negara menyebabkan kegiatan live streaming secara global tumbuh 45 persen pada Maret dan April 2020 lalu.

Video pendek menjadi populer karena menjadi sarana ekspresi diri dan hiburan. Facebook Indonesia memperkirakan perpaduan belanja online yang dikemas dengan hiburan akan berkembang tahun ini.

Pelaku bisnis diminta untuk memikirkan bagaimana tampilan visual mereka secara daring. Selain itu, mereka juga dituntut untuk berani bereksperimen dengan cara berbelanja yang baru, seperti belanja melalui siaran langsung, media sosial, layanan berlangganan sampai menggunakan teknologi augmented reality (AR).

Banyak konsumen yang berbelanja dari rumah, namun, mereka mengharapkan pengalaman layaknya berbelanja langsung ke toko. Pelaku bisnis, kata Peter, bisa menggunakan teknologi AR, misalnya, untuk mencoba warna lipstik atau pengalaman test drive virtual sebelum membeli mobil.

BACA JUGA  Masih Berisiko Tinggi, Sebaiknya Tunda Dulu Pergi ke Salon

LEAVE A REPLY