Ilustrasi: Dompet Dhuafa berupaya memenuhi kebutuhan pangan dan medis para pengungsi di Gaza dengan tetap menjalankan Dapur Umum dan mendirikan Mobile Clinic. (Foto: Dompet Dhuafa)

ISTANBUL – Gerakan Blockout 2024 mendapatkan perhatian di media sosial dengan mengajak pengguna untuk memblokir akun selebriti yang tetap bungkam mengenai krisis kemanusiaan di Gaza.

Banyak orang di seluruh dunia merasa frustrasi karena para selebriti tidak menyadari atau tidak menggunakan pengaruh mereka untuk menarik perhatian pada situasi mengerikan di Gaza.

Seorang pengguna TikTok yang mendukung gerakan tersebut menyatakan bahwa tujuan mereka adalah untuk “menghentikan aliran pendapatan dan popularitas tertentu” dari para selebriti.

Para pengguna media sosial yang terorganisir membagikan daftar selebriti yang harus diblokir, yang menyebabkan penurunan jumlah pengikut beberapa tokoh terkenal di Instagram dan platform lainnya, menurut Social Blade, situs analisis media sosial berbasis di Amerika Serikat.

Beberapa selebriti yang kehilangan pengikut secara signifikan di antaranya adalah penyanyi dan aktris Selena Gomez, penyanyi dan aktris Zendaya, pemengaruh media sosial Kim Kardashian dan adiknya Kylie Jenner, yang kehilangan ratusan ribu hingga jutaan pengikut di Instagram dan X.

Selain itu, penyanyi Beyonce dan Rihanna serta pencipta lagu dan penyanyi Billie Eilish juga kehilangan 1,1 juta pengikut di Instagram.

Gerakan ini dipicu oleh video TikTok dari pemengaruh Haley Kalil di Met Gala pada 7 Mei, di mana ia melakukan sinkronisasi bibir dengan kalimat “Biarkan mereka makan kue.”

BACA JUGA  10 Amalan Awal Zulhijjah, Pahalanya Setara Haji dan Umrah

LEAVE A REPLY