Penerima manfaat Etos ID angkatan 2018 mengikuti prosesi Uji Akhir. (Foto: Etos ID)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pada Juli 2022, setiap penerima manfaat Etos ID angkatan 2018 mengikuti prosesi Uji Akhir, khususnya yang ada di wilayah Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Bandung, dan Sumedang.

Setiap penerima manfaat menyampaikan seluruh capaian selama empat tahun (kurang lebih) ketika di kampus. Mereka menyampaikan capaian aktivitas organisasi, keikutsertaan pada lomba atau kompetisi, nilai IPK selama 8 semester, progres hafalan Al-Qur’an, dan hal-hal lainnya.

Banyak pencapaian yang telah diraih selama empat tahun tersebut. Tak sedikit yang meraih kejuaraan nasional dan internasional.

Namun, dari semua hal di atas, ada satu hal penting dan mendasar yang harus dipahami dan direnungi oleh penerima manfaat. Yakni, tanggung jawab moral bahwa apa yang mereka capai dan lakukan selama menjadi penerima beasiswa merupakan tanggung jawab moral dan sosial kepada para donatur.

Tentu tak berhenti disitu, ketika nanti telah menjadi alumni penerima manfaat, tanggung jawab moral dan sosial harus dijawab dengan kontribusi kepada diri, keluarga, dan masyarakat.

Saat menjadi penerima manfaat, lalu menyelesaikan kuliah adalah tanggung jawab moral dan sosial. Begitu juga dengan menjadi juara kompetisi, punya hafalan Al-Qur’an, dan lain sebagainya.

Hal ini penting untuk dipahami agar saat menjalani aktivitas sebagai penerima manfaat, tidak merasa tersandera oleh aktivitas atau target yang sifatnya arahan dari pengelola program. Kesadaran ini pula yang akan terus mengawal saat telah menyelesaikan program.

BACA JUGA  Optimalisasi Potensi Wakaf, Dompet Dhuafa Gagas Gerakan Wakaferse

LEAVE A REPLY