Dompet Dhuafa menggelar Training Dai Ambassador 2023 di Grand Whiz Hotel Simatupang, Kamis (16/03/2023) hingga Ahad (19/3/2023). (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Jelang keberangkatan Dai Ambassador ke berbagai negara, Dompet Dhuafa menggelar Training Dai Ambassador 2023 di Grand Whiz Hotel Simatupang, Kamis (16/03/2023) hingga Ahad (19/3/2023).

Kegiatan ini merupakan persiapan yang dilakukan para Dai sebelum bertugas mengemban amanah untuk syiar dakwah ke berbagai negara.

Ustaz Badrusalim, Dai Ambassador 2023 asal Kebumen yang ditugaskan ke Suriname menceritakan bagaimana persiapannya jelang keberangkatan. Ia menyampaikan, sebelumnya ia pernah ditugaskan ke Timor Leste pada tahun 2016.

“Penugasan pertama saya pada tahun 2016 ke Timor Leste, sekarang ditugaskan ke Suriname, negeri yang paling jauh,” ungkapnya.

Dompet Dhuafa mengadakan pembukaan Training Dai Ambassador Dompet Dhuafa 2023 di Grand Whiz Poins Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan, pada Kamis (16/03/2023). (Foto: Dompet Dhuafa)

Terkait persiapannya sendiri, disampaikan sama seperti persiapan Dai yang lain, namun secara khusus, sekiranya ada empat persiapan yang dilakukan Ustaz Badrusalim.

“Khusus untuk persiapan saya pribadi ketika mendengar akan ditugaskan ke Suriname, yang pertama ingin saya tahu karena dakwah harus mengetahui mad’u atau audiensnya, maka saya pelajari dahulu negara Suriname mulai dari letak geografisnya, baik dari YouTube, Google, dan lain-lain. Kedua saya juga berkomunikasi dengan mitra yang ada di sana. Ketiga saya cari tahu dan bertanya pada orang yang pernah dikirim ke sana. Keempat adalah dari buku,” ujarnya.

Ustaz Badrusalim juga menambahi terkait dengan kultur Suriname yang akan dikunjungi.

“Berdasarkan empat persiapan yang saya akses tadi, ada beberapa catatan-catatan yang saya persiapkan termasuk unsur budaya. Ketika berkomunikasi di sana nanti harus bisa berbahasa Jawa ngoko, karena saya biasanya ngapak, maka jadinya saya mempersiapkan diri dengan latihan menggunakan bahasa ngoko dengan jemaah pengajian saya,” tuturnya.

BACA JUGA  Paguyuban Padjadjava dan Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan untuk Puluhan Anak Panti

LEAVE A REPLY