Kolaborasi Masjid Pemberdaya (KMP) yang diinisiasi Dompet Dhuafa menggelar wisuda Akademi Masjid Pemberdaya (AMP) angkatan pertama yang dihadiri oleh 55 wisudawan di IPB International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/8/2023). (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID BOGOR – Pertama kalinya, Kolaborasi Masjid Pemberdaya (KMP) yang diinisiasi Dompet Dhuafa menggelar wisuda Akademi Masjid Pemberdaya (AMP) angkatan pertama yang dihadiri oleh 55 wisudawan. Wisuda perdana ini digelar di IPB International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (17/8/2023).

AMP merupakan flagship program Kolaborasi Masjid Pemberdaya Dompet Dhuafa yang bertujuan meningkatkan kapasitas para takmir masjid. Program ini hadir guna membentuk takmir masjid yang memiliki sikap amanah dan profesional, serta akuntabel dalam mengelola masjid.

Acara Wisuda AMP Tahun 2023 dibuka dengan sambutan dari Ketua Umum KMP Nasional, Andi Juliandi. Menurutnya, inilah saatnya untuk membangun peradaban keumatan yang berasal dari masjid.

AMP sebagai wadah untuk melahirkan insan-insan hebat yang nanti kembali ke masjid, menjadi takmir dan pelayan terbaik, yang membawa visi besar, yakni menjadikan masjid sebagai bagian dari upaya mengentas kemiskinan.

“Inilah saatnya teman-teman untuk membangun peradaban keumatan pastinya, metodenya harus dilakukan dengan optimal. Kita sudah masuk masanya revolusi 4.0, pengurus masjid harus mengikuti perkembangan, lakukan berbagai inovasi. Saatnya kita membangun peradaban ini, peradaban dimulai dari masjid,” kata Andi dalam sambutannya.

Sebelum diwisuda, para peserta AMP telah melalui rangkaian capacity building selama tiga bulan sejak 8 Mei-5 Agustus 2023 dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan secara hybrid, baik offline maupun online.

Program ini diberikan kepada perwakilan masjid KMP sebagai penerima manfaat dengan bentuk program berupa kelas matrikulasi (untuk menyamaratakan pemahaman takmir masjid terkait masjid pemberdaya), kelas dasar dengan kurikulum lima pilar Masjid Pemberdaya, dan kegiatan kunjungan sekaligus praktikum ke masjid-masjid percontohan KMP.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Kerahkan Tim Emergency Response Bencana Bantu Penyintas Banjir Aceh

LEAVE A REPLY