Arsin Saputra (45), penerima manfaat Program Plasma Ayam Arab Dompet Dhuafa melalui Rumah UMKM Zona Madina di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID BOGOR – Sebagian besar orang mengira bahwa beternak ayam itu kotor dan tidak menguntungkan. Dan, tidak banyak yang mengira bahwa pangsa pasar telur ayam arab sangat luas. Mulai dari warung kopi, penjual jamu, hingga pabrik jamu terkenal. Harganya juga berbeda dengan telur ayam biasa.

Melenceng dari namanya, ayam arab mulanya berasal dari Belgia yang berkawin dengan ayam buras Indonesia. Sekilas, tampilan telurnya seperti ayam kampung.

Anda mungkin tidak sadar bahwa banyak peracik jamu menggunakan telur ayam jenis ini. Telur ini dinilai memiliki banyak keuntungan, yaitu kuning telurnya lebih besar, putih telurnya lebih kental, nilai gizinya juga tinggi.

Melihat peluang ini, Dompet Dhuafa melalui Rumah UMKM Zona Madina menggulirkan Program Plasma Ayam Arab di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dompet Dhuafa melalui Rumah UMKM Zona Madina menggulirkan Program Plasma Ayam Arab di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Foto: Dompet Dhuafa)

Penerima manfaatnya adalah Arsin Saputra (45), seorang ayah dengan dua anak yang baru saja menekuni usaha ayam potong sejak 5 bulan terakhir. Sebelum itu, ia merupakan pekerja pabrik yang dirumahkan karena suatu hal.

Nursan selaku pendamping program ini menjelaskan bahwa sistem kerja sama dalam program pemberdayaan ini adalah bagi hasil. Luas kandang berukuran 3,5 x 12 meter persegi berada di atas tanah milik Arsin, tepatnya berada di belakang rumahnya.

Dompet Dhuafa mengintervensi dengan membangunkan kandang, pengadaan ayam, penyediaan pakan, hingga pemasarannya. Untuk hasil keuntungannya disepakati akan dibagi rata, yaitu dengan perbandingan 50:50 atau 1:1.

Pada saat program ini diliput, Kamis (4/1/2023), usia program ini masih sangat belia. Karena baru berjalan awal Desember 2023. Sehingga, pembagian hasil belum dilakukan. Rencananya, bagi hasil akan mulai dilakukan pada bulan ketiga yang akan terus berlanjut tiap bulannya.

BACA JUGA  Zona Madina Dompet Dhuafa Soft Launching Teras Madina

LEAVE A REPLY