Ilustrasi wudu. (Foto: iStockphoto/mustafagull)

ZNEWS.ID JAKARTA – Wudu adalah proses untuk membersihkan diri dari hadas kecil agar dapat melakukan ibadah seperti salat, tawaf, dan ibadah serupa dengan sah.

Dalam praktiknya, wudu dapat menjadi tidak sah jika terjadi salah satu dari empat hal yang membatalkan wudu. Apa saja keempat hal tersebut?

Menurut penjelasan Syekh Salim bin Sumair Al-Hadlrami, seorang ulama mazhab Syafi‘iyah dalam kitabnya yang berjudul Safinatun Naja, terdapat empat hal yang dapat membatalkan wudu sehingga seseorang menjadi dalam keadaan hadas.

1. Keluar Sesuatu dari Qubul dan Dubur

Selain sperma, apa pun yang keluar dari lubang qubul (kelamin) dan dubur (anus) baik berupa air kencing, angin, atau kotoran, barang suci atau najis, kering atau basah, dan sebagainya, itu semua bisa membatalkan wudu.

Sedangkan bila yang keluar adalah sperma maka tidak membatalkan wudu, namun yang bersangkutan wajib melakukan mandi junub.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Maidah ayat 6:

أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ

“…. Salah seorang di antara kamu kembali dari tempat buang air.”

2. Hilang Akal

Orang yang hilang akal atau kesadarannya entah itu karena tidur, gila, mabuk, atau pingsan maka wudunya menjadi batal. Rasulullah SAW bersabda:

فَمَنْ نَامَ فَلْيَتَوَضَّأْ

“Barangsiapa yang tidur maka berwudulah.” (HR Abu Dawud)

BACA JUGA  Catat! Ini 6 Makanan yang Bisa Bikin Kamu Bahagia

LEAVE A REPLY