Ilustrasi Usia Ideal Anak Menggunakan Media Sosial. (Foto: iStock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Media sosial saat ini dipenuhi dengan banyak informasi negatif yang berpotensi memengaruhi pola pikir anak-anak. Namun, anak-anak tetap perlu diperkenalkan dengan teknologi digital.

Psikolog anak dan remaja dari Universitas Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwidjojo SPsi, menekankan pentingnya orang tua dalam memberikan contoh penggunaan yang baik serta memilih aplikasi yang sesuai dengan usia anak.

Menurut Vera, usia 13 tahun merupakan waktu yang ideal bagi anak-anak untuk mulai menggunakan internet atau memiliki akun media sosial dengan tujuan positif.

“Butuh pengawasan dan pendampingan dari orang tua khususnya untuk anak-anak di bawah usia tersebut sehingga internet tetap berdampak positif untuk anak,” ujarnya, dilansir dari Antara.

Vera juga berharap pemerintah dapat memberikan perlindungan lebih lanjut melalui regulasi terhadap aplikasi atau konten yang berpotensi membahayakan anak-anak.

“Meskipun tugas utama ada di orang tua, tapi orang tua akan terbantu sekali jika pemerintah mau memberikan perlindungan lewat regulasi,” tutur Vera.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menyatakan bahwa pemerintah telah mengadopsi inisiatif global untuk perlindungan anak di dunia digital dengan berdiskusi bersama Komisi Perlindungan Anak Indonesia serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa dan Astra Financial Ajak Yatim dan Duafa Belanja dan Buka Bersama

LEAVE A REPLY