ZNEWS.ID, DEPOK – Ibu -ibu kader Posyandu, Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat dilatih menggunakan Aplikasi Posyandu Berbasis Mobile Android untuk mendeteksi dini masalah kesehatan ibu dan balita.

Hal itu disampaikan dr. Dona Suzana, M.Si. Ketua Pelaksana Pelatihan kepada ZNEWS.ID, Selasa (24/9/2019). Pelatihan ini dilaksanakan di Aula Sekolah Bintara Depok, (23-24/09/2019).

Dikatakan dr. Dona, kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

“Sebagai Pelaksana Pelatihan dan pembuat aplikasi dilakukan kolaborasi 5 Dosen Peneliti dari Universitas Gunadarma; dr. Dona Suzana, M.Si., (Ketua) dari Program Studi Farmasi, Rachmi Ridho, S.Farm, Apt, M.Farm, (Anggota ) dari Program Studi Farmasi dan Dharmayanti ST., MMSI dari Program Studi Tekhnik Informatika. Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk pengabdian Civitas Akademika Universitas Gunadarma kepada masyarakat,” ujar dr. Dona.

Alasan diadakannya pelatihan ini, lanjut dr. Dona, dari data kemenkes diketahui tahun 2016 di Kota Depok tercatat ada 16 kasus kematian ibu saat melahirkan dan 91 kasus kematian bayi. Khususnya di Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas menurut data itu merupakan kelurahan dengan angka kematian ibu hamil tertinggi dan kematian bayi nomer 3 tertinggi di Depok.

“Kematian saat hamil disebabkan oleh perdarahan, tekanan darah yang tinggi saat hamil (eklampsia), infeksi, persalinan terhambat dan komplikasi keguguran. Penanganan secara komprehensif sangat penting dilakukan dan dimulai dari asuhan gizi pada kehamilan. Nutrisi ibu hamil sangat menentukan kondisi kesehatan bayinya karena 1000 hari pertama kelahiran merupakan Periode Emas seorang anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal,” terang dr. Dona.

BACA JUGA  Kominfo Berdayakan UMKM lewat Pelatihan Digital Online

“Nah, dengan digitalisasi sistem informasi dan surveilans Posyandu apalagi berbasis mobile Android, kesehatan ibu dan anak dapat terdeteksi dari sejak dini. Sehingga dapat diketahui dengan segera masalah kesehatan yang timbul, dan cakupan imunisasi terpantau dengan baik dan memudahkan pelaporan bulanan kader ke Puskesmas,” pungkas dr. Dona.

LEAVE A REPLY