Ilustrasi periksa mata. RS Mata Achmad Wardi BWI-DD menggelar Workshop Basic Eye Exam mengenai deteksi dini penyakit mata Retinda dan Glaukoma, di Aula Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Banten. (Foto: RS Mata Achmad)

ZNEWS.ID JAKARTA – Glaukoma sering disebut pencuri penglihatan diam-diam. Yakni, kondisi mata yang merusak saraf optik dan secara bertahap mengurangi penglihatan seseorang.

Ditulis laman Hindustan Times, Ahli Bedah Mata dan Consults on Practo, Dr Swati Agarwal, mengatakan bahwa setiap individu harus memahami tantangan yang dihadapi saat didiagnosis glaukoma dan menjaga kualitas hidup dengan manajemen glaukoma yang tepat. Salah satu rekomendasinya adalah menjalani pemeriksaan mata secara teratur.

Deteksi dini sangat penting dalam penanganan glaukoma. Oleh karena itu, penting untuk menjadwalkan pemeriksaan mata rutin dengan dokter mata untuk memantau kesehatan mata dan mendeteksi perubahan kondisi dengan cepat.

Selanjutnya, patuhi rencana perawatan yang direkomendasikan secara rutin. Rencana perawatan glaukoma dapat meliputi penggunaan obat tetes mata, obat oral, terapi laser, atau tindakan pembedahan.

Konsistensi dalam mengikuti rencana perawatan sangat penting untuk mengendalikan tekanan intraokular dan mencegah kerusakan penglihatan lebih lanjut.

Pantauan terhadap tekanan intraokular juga penting untuk mengidentifikasi perkembangan buruk glaukoma dan menyesuaikan rencana perawatan sesuai kebutuhan.

Selain itu, gaya hidup sehat seperti pola makan seimbang, rutin berolahraga, mengelola stres, dan menghindari merokok dapat membantu mengelola glaukoma.

BACA JUGA  Tips Belanja Online agar Tidak Tertipu Konten AI

LEAVE A REPLY