Dompet Dhuafa melalui PCINU Suriah dalam Program Tebar Hewan Kurban (THK) menyembelih lima ekor sapi dan dibagikan ke penduduk Damaskus di beberapa lokasi. (Foto: PCINU Suriah)

ZNEWS.ID DAMASKUS – Hari itu merupakan hari kesebelas bulan Zulhijah atau Hari Tasyrik pertama. Jika di Indonesia, Hari Raya Iduladha jatuh pada 29 Juni 2023, sementara di Suriah 28 Juni 2023.

Tak terasa, sudah dua kali berhari raya Iduladha di Negeri Syam, negeri ilmu selain Mesir dan Yaman. Biasanya, kami hanya berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga, kali ini berbeda.

Kami mendapatkan kepercayaan dari Dompet Dhuafa untuk menyembelih lima ekor sapi yang dibagikan ke penduduk Damaskus di beberapa lokasi. Pelaksanaan kurban oleh Dompet Dhuafa ini dikemas dalam program bernama Tebar Hewan Kurban (THK).

Bersama 17 personil PCINU Suriah yang dipimpin oleh Habib El-Rahman, kami telah bersiap-siap sejak pagi di Suq al-Hal wa al-Luhum untuk melaksanakan proses penyembelihan hewan kurban.

Dompet Dhuafa melalui PCINU Suriah dalam Program Tebar Hewan Kurban (THK) menyembelih lima ekor sapi dan dibagikan ke penduduk Damaskus di beberapa lokasi. (Foto: PCINU Suriah)

Tidak ada kendala yang terjadi di sesi ini, namun, waktu semakin sore, si penjagal tidak yakin akan terselesaikan semua, sementara pemotongan akan tutup pada pukul 17.00 waktu setempat.

Berbekal keyakinan bahwa amanah dari Dompet Dhuafa ini bisa lancar dijalankan, setiap satu ekor sapi dapat dituntaskan pemotongannya dalam tempo setengah jam. Tanpa menunggu semua selesai, setiap satu ekor sapi yang selesai dipotong langsung distribusikan ke tempat masing-masing.

Lokasi pertama bernama Jami Manjak di daerah Maidan. Tim mendistribusikan sejumlah daging kurban untuk 110 keluarga.

Lokasi kedua di daerah Assaker, atau lebih tepatnya di Mahad Fatah Al-Islami. Di sana, ada sekitar 205 keluarga menunggu kedatangan panitia kurban.

BACA JUGA  Haji dan Kurban dengan ‘ADHA’

LEAVE A REPLY