Dai Tapal Batas merupakan salah satu program strategis Dompet Dhuafa Yogyakarta yang selayaknya berperan memberikan kontribusi kepada masyarakat pedalaman meliputi berbagai aspek kebutuhan dasar antara lain aspek pendidikan, kesehatan, sosial, dan meningkatkan produktivitas ekonomi. (Foto: DD Yogyakarta)

ZNEWS.ID KULON PROGO – Di penghujung Muharam, tim Dompet Dhuafa mendatangi, kediaman Uji Ikhtiarini Istiqomah, salah satu penerima manfaat Dai Tapal Batas yang ada di Kokap, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam kunjungan tersebut, tim sekaligus menyalurkan bahan makanan.

Sebanyak 148 kaleng bahan makanan akan Uji salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di sana. Sejak 2017, Uji menjadi salah satu penerima manfaat Dai Tapal Batas.

Berawal dari broadcast salah satu grup guru yang diikutinya, Uji memberanikan mendaftar untuk dapat meluaskan kebermanfaatan pada masyarakat, khususnya lingkungan tempat tinggalnya.  Dari hal itulah akhirnya Uji menjadi bagian dari penerima manfaat Dai Tapal Batas.

Uji merupakan guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah yang ada di Kulon Progo. Di tengah kesibukannya menjadi pengajar dan ibu rumah tangga, Uji sangat peduli mengenai pendidikan agama. Terkhusus untuk lingkungan sekitarnya di Kecamatan Kokap.

Sedikit gambaran mengenai Kokap, khususnya Desa Dua Hargotirto. Desa tersebut merupakan desa yang luas, ramai penduduk, sejuk, dan wargannya sangat rukun. Jarak antarsatu rumah dengan rumah lainya cukup jauh, harus melewati medan tanah merah bebatuan yang naik turun.

Kesadaran pendidikan daerah tersebut masih kategori menengah ke bawah, khususnya dalam hal agama. Dari sanalah Uji bertekad untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tersebut.

BACA JUGA  Sinergi Wujudkan Pilar Dakwah

LEAVE A REPLY