Ilustrasi Penyebab Setir Mobil Bergetar saat Dikendarai dan Cara Mengatasinya. (Foto: Unsplash)

ZNEWS.ID JAKARTA – Getaran pada setir mobil biasanya disebabkan oleh masalah pada kaki-kaki mobil. Secara umum, berikut tiga penyebab utama setir mobil bergetar:

1. Pelek Peang

Pelek yang peang, terutama bagian depan, dapat menyebabkan setir bergetar. Dilansir dari Antara, pelek yang peang tidak akan berputar secara sempurna, bisa bergoyang ke kanan-kiri atau atas-bawah. Jika pelek peang, perlu segera diperbaiki dengan cara press pelek.

2. Tidak Balancing

Penyebab lain setir bergetar adalah ban dan pelek yang belum di-balancing. Tanpa balancing, roda tidak akan berputar secara stabil, menyebabkan getaran yang merambat ke komponen kaki-kaki, termasuk setir.

Oleh karena itu, setiap kali mengganti ukuran ban atau pelek, balancing wajib dilakukan agar roda berputar dengan stabil.

3. Tidak Menggunakan Center Ring

Penggunaan pelek aftermarket tanpa center ring juga bisa menjadi penyebab setir mobil bergetar. Center ring berfungsi agar pelek dapat duduk tepat di tengah center hub mobil.

Tanpa center ring, pelek hanya bertumpu pada kekuatan baut, yang pada kecepatan tertentu akan menimbulkan getaran.

Cara Mengatasi

Ada tips untuk mengatasi penyebab setir yang bergetar saat berkendara. Pertama, mengurangi kecepatan kendaraan. Dengan berkurangnya kecepatan, getaran di setir pun berkurang, maka efek kerusakan pada komponen lain pun dapat diminimalisasi.

BACA JUGA  LKC Dompet Dhuafa Gandeng Dinkes dan MUI Jayapura Hadirkan Khitan Massal

LEAVE A REPLY