Ilustrasi Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung. (Foto: benefitsandloss.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Asam lambung naik sering disebabkan pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat, yang bisa memicu kambuhnya penyakit. Makanan pedas, berlemak, asam, atau berkarbonasi bisa meningkatkan produksi asam lambung.

Untuk mencegah kambuh, penderita asam lambung perlu memerhatikan asupan makanan sehari-hari. Berikut adalah beberapa buah dan makanan yang aman bagi penderita asam lambung:

Apel Merah

Buah ini dianjurkan bagi penderita asam lambung karena kandungan gizi tinggi yang dapat membantu meredakan gejala. Apel merah matang mengandung magnesium, kalsium, serat, dan kalium yang baik untuk tubuh. Konsumsi apel setelah makan untuk manfaat maksimal.

Pisang

Pisang memiliki pH 5,6, yang mendekati pH netral, sehingga bisa membantu mengatasi gejala asam lambung. Pisang juga bisa dijadikan berbagai camilan yang lezat.

Herbal

Tanaman herbal seperti jahe dan lidah buaya bisa membantu meredakan gejala asam lambung. Jahe bersifat antiperadangan dan bisa mengurangi mual, sementara lidah buaya bisa melindungi dinding lambung dan meredakan peradangan.

Oatmeal

Oatmeal mengandung banyak mineral, vitamin, dan antioksidan yang dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Selain itu, oatmeal juga membantu menjaga berat badan, mengurangi kolesterol dan gula darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Daging Tanpa Lemak dan Ikan Segar

Kedua jenis makanan ini aman dikonsumsi jika diolah dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus agar rendah lemak. Daging dan ikan segar aman selama dikonsumsi dalam batas wajar.

Sayuran Hijau dan Buah

Penderita asam lambung disarankan menghindari makanan berlemak dan terlalu manis. Sayuran hijau dan buah yang kaya serat bisa menjadi pilihan yang baik. Pilih sayuran seperti bayam, selada, dan kacang panjang.

BACA JUGA  Syarat Mendapat Surga

Namun, ada baiknya untuk mencari tahu jenis sayur dan buah yang dikonsumsi karena beberapa buah masam tidak dianjurkan.

Sumber: Antara

LEAVE A REPLY