Ilustrasi Keistimewaan yang Hanya Ada di Bulan Syakban. (Foto: dompetdhuafa.org)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sebelum memasuki Ramadan, terdapat satu bulan yang juga dipenuhi dengan keistimewaan, yaitu Syakban. Allah menjadikan bulan ini istimewa karena berbagai ibadah, keutamaan, dan peristiwa besar hanya terjadi di dalamnya.

Pada bulan Syakban terdapat keutamaan yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasalam.

“Bulan Syakban adalah bulan di mana manusia mulai lalai, yaitu di antara bulan Rajab dan bulan Ramadan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR An Nasai’i)

Keistimewaan yang Ada pada Syakban:

  • Bulan Diangkatnya Amal

Syakban adalah bulan diangkatnya amal kebaikan seluruh manusia selama satu tahun ke hadapan Allah SWT. Di fase akhir ini, seharusnya setiap orang bersungguh-sungguh meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahnya.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya.” (HR Bukhari)

Az-Zarqani dalam Syarh Al-Muwatha mengatakan bahwa amalan akhir manusia itulah yang menjadi penentu dan atas amalan itulah akan dibalas. Siapa yang beramal buruk lalu beramal baik, maka ia dinilai sebagai orang yang bertobat.

  • Bulan Berlimpahnya Pahala

Banyak orang yang melalaikan Syaban karena letaknya yang terjepit di antara dua bulan yang memiliki keutamaan besar, yaitu Rajab dan Ramadan.

Padahal, beribadah di waktu banyak orang yang sedang lalai memiliki keutamaan yang besar. Sebagaimana yang dikatakan oleh Rasulullah dalam hadis:

“Beribadah di waktu haraj (banyak manusia lalai) pahalanya seperi berhijrah kepadaku.” (HR Muslim)

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Angkat Ekonomi Arsin lewat Budi Daya Telur Ayam Arab

LEAVE A REPLY