Ilustrasi silaturahmi. (Foto: ShutterStock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Menjaga hubungan baik adalah aspek penting dalam Islam. Pada dasanya, manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

Ketidakharmonisan dalam hubungan antara keluarga atau teman dapat memiliki dampak negatif. Sebaiknya, hak itu dihindari. Oleh karena itu, Islam menetapkan batasan dan peraturan terkait dengan silaturahmi.

Secara harfiah, silaturahmi diartikan sebagai menjalin hubungan persahabatan atau persaudaraan. Jika seseorang memutuskan silaturahmi, itu berarti ia memutuskan hubungan persaudaraan atau persahabatan yang telah ada sebelumnya.

Tindakan tersebut ditegur oleh Allah SWT karena tanpa disadari dapat merugikan diri sendiri. Allah SWT dengan jelas memerintahkan agar manusia menjaga silaturahmi karena banyak keutamaan di balik perintah tersebut. Berikut di antaranya:

1. Mendapat Rahmat Allah SWT

Keutamaan pertama menjaga silaturahmi adalah turunnya rahmat bagi orang-orang yang senantiasa memelihara hubungan silaturahmi, sebagaimana dijelaskan dalam surah Ar-Ra’d ayat 21.

Namun, apa sebenarnya makna yang begitu istimewa dari rahmat itu? Rahmat Allah tidak memiliki harga yang dapat diukur. Tidak ada barang berharga di dunia ini yang bisa setara dengan rahmat-Nya.

Rahmat Allah memiliki banyak bentuk, mulai dari pertolongan, pahala, perlindungan, hingga petunjuk. Jelas bahwa Allah akan memberikan rahmat-Nya kepada mereka yang sungguh-sungguh mencarinya.

Karena itu, rahmat Allah menjadi anugerah yang tak ternilai harganya. Meskipun seseorang memiliki kekayaan dan kedudukan yang tinggi, tidak menjamin bahwa semua itu dapat melindungi dan menolong saat menghadapi musibah di dunia maupun di akhirat.

BACA JUGA  Bersama Dompet Dhuafa, Paragon Terjun Langsung Bantu Korban Gempa Cianjur

LEAVE A REPLY