Ilustrasi obat demam anak. (Foto: Ist)

ZNEWS.ID JAKARTA – Demam adalah hal yang umum dialami anak-anak. Orang tua sering kali mengaitkan obat demam sebagai salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini.

Meskipun demikian, demam tidak selalu menjadi sesuatu yang perlu dikhawatirkan karena sebenarnya merupakan respons tubuh terhadap infeksi yang menyerang.

Namun, ketika suhu tubuh anak naik di atas batas normal, orang tua sering kali merasa cemas dan mencari berbagai cara untuk menurunkan demam anak, termasuk memilih obat demam yang aman untuk dikonsumsi.

Dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dr Melia Yunita MSc SpA, berbagi sejumlah tips kepada orang tua tentang pemberian obat demam berbentuk sirop pada anak, tanpa mengurangi dosis dan sesuai dengan aturan dosis yang berlaku untuk usia anak.

“Sebenarnya kalau sampai dia muntahkan (obatnya) semua, dalam waktu 30 menit sebenarnya boleh kita ulang (kasih lagi),” katanya dilansir dari Antara.

Menanggapi kebiasaan anak yang sering memuntahkan obat, Melia mengatakan bahwa langkah pertama yang dapat diambil oleh orang tua adalah mempraktikkan minum obat terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada anak.

Orang tua dapat menunjukkan cara minum obat sambil meyakinkan anak bahwa obat yang diminum tidak pahit dan berguna untuk melawan penyakit seperti flu, demam, atau batuk pilek.

“Kalau anak melihat orang tua, dia pasti mau meminumnya. Tapi kalau anak masih tidak mau, kita bisa menyiasatinya. Misal dosisnya 5 ml, bisa kita berikan dulu 2,5 ml lalu diselingi dengan aktivitas lain seperti bermain baru kita kasih lagi 2,5 ml sisanya,” ujar anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tersebut.

BACA JUGA  Grand Opening D’Barberhouse

LEAVE A REPLY