Ilustrasi haji. (Foto: Antara/Imam Hanafi)

Oleh: M. Fuad Nasar (Kepala Biro AUPK UIN Imam Bonjol Padang)

ZNEWS.ID JAKARTA – Ibadah haji substansinya berpusat di Makkah, Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Dari masa ke masa tidak berubah.

Adapun ziarah ke Madinah Al-Munawwarah, Kota Rasul, menjadi bagian penting dari agenda perjalanan, namun tidak termasuk dalam rukun haji. Masjid Nabawi saat ini luasnya mungkin sudah mendekati luas kawasan inti kota Madinah pada zaman Rasulullah Saw dahulu.

Bulan haji yang dipermaklumkan kepada umat manusia terhitung mulai dari Syawal, Zulkaidah, dan Zulhijah. Puncak ibadah haji berlangsung di bulan Zulhijah, penutup Tahun Kalender Hijriah.

Dengan demikian, umat Islam sedunia yang diwakili oleh para jemaah haji mengakhiri Tahun Hijriah dengan prosesi ibadah haji.

Peristiwa itu memberi isyarat agar kita umat Islam memiliki kesadaran waktu, melakukan muhasabah diri, dan memasuki Tahun Baru Islam dengan spirit perubahan menuju keadaan yang lebih baik. Pelopornya diharapkan adalah para haji yang baru kembali dari tanah suci dengan visi meraih haji mabrur.

Ka’bah atau Baitullah yang merupakan magnet kota suci Makkah Al-Mukarramah adalah kiblat umat Islam sedunia ketika melakukan salat. Ka’bah bukan sekadar kiblat arah salat. Ka’bah secara simbolik menyatukan tujuan hidup umat Islam di seluruh dunia.

Pada musim haji ataupun saat umrah, jemaah haji dari mana pun umumnya memasuki Masjidil Haram melalui pintu Babus Salam (Pintu Damai). Hal ini mengisyaratkan kedamaian penting diwujudkan sebagai manifestasi kesalehan hidup beragama.

Pakaian ihram berwarna putih dan tidak berjahit bagi laki-laki melebur perbedaan status dan kedudukan antarmanusia. Pakaian ihram menyadarkan bahwa hakikatnya manusia tidak memiliki suatu apa pun secara mutlak dan abadi dalam persinggahan di muka bumi.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Volunteer Riau Bagikan 2.000 Takjil Gratis

Umat Islam yang datang ke Haramain untuk beribadah haji membawa hati dan imannya, bukan panca-indra semata. Perjalanan haji sungguh berbeda dari perjalanan touris dan wisata religi. Haji adalah perjalanan ibadah yang istimewa dan mempertemukan manusia dengan pengalaman spiritual luar biasa.

LEAVE A REPLY