Ilustrasi Alasan Ponsel Kamu Perlu Perlindungan Keamanan. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Di tengah kemajuan era digital, ponsel pintar telah mengalami pergeseran dari sekadar alat komunikasi menjadi simpanan data pribadi dan sarana transaksi finansial yang praktis. Meskipun memberikan kenyamanan dan kemudahan, ponsel pintar menyimpan ancaman serius yang berpotensi mengganggu data pribadi, finansial, dan aktivitas bisnis penggunanya.

Perusahaan keamanan siber Kaspersky mengungkapkan tiga alasan mendasar mengapa perlindungan keamanan menjadi penting untuk ponsel pintar. Pertama, ponsel pintar tidak lagi sekadar menampung kontak dan pesan teks, tetapi telah berubah menjadi wadah digital untuk menyimpan uang serta melakukan transaksi keuangan.

Pandemi telah memicu lonjakan penggunaan dompet seluler di Asia Tenggara, dengan lebih dari 86 layanan uang seluler yang muncul di wilayah ini tahun lalu. Penggunaan e-wallet juga mengalami pertumbuhan pesat.

Namun, bersamaan dengan pertumbuhan ini, muncul risiko serius terkait keamanan. Laporan Kaspersky mencatat bahwa sebanyak 1.083 Trojan mobile banking berhasil diblokir di wilayah Asia Tenggara pada tahun 2022, dan terjadi lebih dari 207.506 insiden malware mobile.

Kedua, perangkat seluler juga memiliki potensi ancaman terhadap lingkungan bisnis. Selain sebagai alat komunikasi, ponsel pintar sering digunakan untuk mengakses email dan sumber daya perusahaan.

Tren BYOD (Bring Your Own Device) yang memungkinkan pengguna menggunakan perangkat pribadi di lingkungan kerja, meskipun memberikan fleksibilitas, juga membawa potensi risiko keamanan.

Kaspersky telah mencatat berbagai kasus serius, termasuk serangan Advanced Persistent Threats (APTs), yang memanfaatkan perangkat seluler terinfeksi untuk masuk ke dalam sistem perusahaan.

BACA JUGA  Warganet Diminta Waspada, Vishing Kian Marak dan Jadi Prank di Medsos

LEAVE A REPLY