Tim THK Dompet Dhuafa bersama Super Volunteer, Amalina, melaksanakan Tebar Hewan Kurban di Kepulauan Selayar. (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Misi meluaskan sebaran daging kurban hingga pelosok negeri masih terus dilakukan Dompet Dhuafa lewat program Tebar Hewan Kurban (THK). Dari Sabang sampai Merauke, menyisir pelosok dan perbatasan terluar Indonesia, menjadi wilayah sasaran utama distribusi.

Dari semangat Tebar 999 Hewan Kurban di 1994, kini Dompet Dhuafa terus tumbuh menerima amanah kurban dari Shohibul Kurban. Selain peningkatan penghimpunan yang tercapai dari tahun ke tahun, pendistribusian daging kurban juga terus meluas. Menjangkau sampai wilayah-wilayah 3T (Terluar, Terpelosok, dan Terpencil).

Bahkan, di tahun ini, semangat berbagi berkah daging kurban juga meluas hingga mancanegara yang tengah dilanda konflik kemanusiaan maupun krisis pangan.

Dompet Dhuafa melakukan rangkaian Quality Control (QC) untuk memastikan bahwa hewan kurban sesuai dengan syariat dan terhindar dar PMK. (Foto: DD Jabar)

Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti sejumlah hewan ternak di berbagai wilayah di Indonesia cukup menjadi kendala di awal. Sedikit banyak, PMK memengaruhi pengadaan hewan ternak.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan animo masyarakat Indonesia untuk berkurban. Semangat tersebut terbukti dari terdistribusinya lebih dari 29 ribu hewan kurban setara domba kambing ke seluruh Indonesia dan sebagian belahan dunia.

“Terus menguatnya kepercayaan publik kepada Dompet Dhuafa menjadi pemacu kami dalam menyelenggarakan dan meluaskan kerja-kerja kebaikan. Capaian yang baik dan tren positif di Tebar Hewan Kurban 1443 Hijriah menjadi buktinya,” kata Etika Setiawanti, Direktur Resource Mobilization Dompet Dhuafa.

Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa hadir di Desa Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. (Foto: Dompet Dhuafa)

Etika menambahkan, setelah lebih dari dua tahun diterpa pandemi, melewati kurban di tengah wabah PMK, masyarakat masih mengamanahkan banyak kurban melalui Dompet Dhuafa.

Pertumbuhan penghimpunan THK Dompet Dhuafa, lanjutnya, menghasilkan dampak positif bagi peternak di segi pendapatan ekonomi dan meluaskan sebaran berkah daging kurban.

“Tentu kami patut berterima kasih kepada para pekurban, donatur, mitra perusahaan, dan seluruh masyarakat yang masih terus memercayakan donasi dan kurbannya melalui Dompet Dhuafa. Ini adalah penghargaan bagi kami untuk meluaskan berkah bagi para penerima manfaat di seluruh penjuru negeri,” ujar Etika.

BACA JUGA  Warga Desa Jaring Halus Bahagia Bisa Menikmati Daging Kurban

LEAVE A REPLY