Ilustrasi mata bayi. (Foto: Ist)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sejak bayi pertama kali melihat cahaya dunia, mata mereka memiliki potensi luar biasa untuk tumbuh dan berkembang. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang mata pada bayi baru lahir:

  • Kontras Rendah

Ketika bayi baru lahir, mereka melihat dunia dalam kontras yang rendah. Inilah sebabnya mengapa bayi cenderung lebih peka terhadap warna-warna yang memiliki perbedaan kontras yang tinggi, seperti hitam-putih atau perbedaan yang jelas antara warna cerah dan gelap.

  • Bentuk dan Pola Sederhana Menarik Perhatian

Bayi baru lahir lebih tertarik pada bentuk dan pola sederhana. Mereka akan merespons dengan antusias terhadap benda-benda yang memiliki kontras tinggi atau pola berulang, seperti wajah manusia atau garis-garis tebal. Itulah mengapa mainan dengan desain yang sederhana dapat memikat perhatian mereka.

  • Alami Perkembangan dalam Beberapa Bulan Pertama Kehidupan

Mata bayi terus berkembang dan mengalami perubahan signifikan dalam beberapa bulan pertama kehidupan mereka. Perubahan yang terjadi termasuk peningkatan ketajaman penglihatan, kemampuan untuk melihat kedalaman, dan perkembangan dalam kemampuan melacak gerakan dengan lebih baik.

  • Koordinasi Mata dan Tangan Berkembang pada Usia 2 Bulan

Pada usia sekitar 2 bulan, bayi mulai mengembangkan koordinasi antara mata dan tangan mereka. Mereka belajar untuk melacak benda dengan mata mereka dan mencoba meraih atau menggenggam benda yang menarik perhatian mereka. Ini adalah langkah awal dalam pengembangan kemampuan visual-motorik mereka.

  • Pengalaman Visual Awal Penting dalam Perkembangan Mata Bayi

Pengalaman visual awal yang dialami bayi sangat penting dalam membentuk perkembangan mata mereka. Melalui rangsangan visual yang beragam, sistem penglihatan bayi berkembang dan menjadi lebih efisien dalam menerima dan memproses informasi visual. Inilah mengapa memberikan rangsangan visual yang kaya dan aman bagi bayi sangat penting untuk perkembangan mereka.

BACA JUGA  Kiat Merawat Tali Pusat pada Bayi Baru Lahir

Jadi, perhatikanlah bagaimana mata buah hati Moms berkembang dan mengungkap keajaiban dunia visual. Terus berikan rangsangan visual yang bermanfaat dan memberikan waktu yang berkualitas bersama bayi Moms semua. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mata jika Moms memiliki kekhawatiran terkait penglihatan bayi. (RS Mata Achmad Wardi)

LEAVE A REPLY