Ilustrasi ibadah haji. (Foto: Kemenag)

Oleh: Ishaq Zubaedi Raqib  (MCH Daker Makkah Al Mukarramah)

ZNEWS.ID JAKARTA – Satu malam, habis Magrib, dari Tanah Haram, Kiai Moqsith berkisah tentang tempat-tempat haram (suci). Seperti biasa, Kiai yang Katib Syuriyah PBNU ini, fasih menukil kitab dan mendaras sabda. Lalu meluncurlah nama-nama situs suci.

Dari Hajar Aswad, Multazam, Hijr Ismail, Maqam Ibrahim, Masy’aril Haram; Muzdalifah-Mina di Makkah, Raudah dan Mihrab Nabi di Madinah. Itu yang terkait tempat suci. Ada pun yang terkait waktu suci, antara lain wuquf di Arafah.

Setelah menyimak nama-nama kudus itu, Anda ingin menapaki jejak-jejak nan suci, bekas telapak kaki Nabi? Kaki yang menjejak Sidratul Muntaha di Baytul Ma’mur? Kaki yang telah menjejak surga sebelum kiamat tiba? Kaki yang menaiki punggung buraq menembus tujuh lapis langit.

Maka, datanglah ke tempat suci dan di waktu suci seperti dinukil KH. Abdul Moqsith Ghazali–nama Kiai Moqsith, di atas. Dan, Anda jemaah haji! Anda jemaah terhormat karena diundang Tuhan menjejak tempat suci dan waktu nan suci itu.

Para pencinta akan merasa sempurna cintanya bila senang hati bisa menyerap sebanyak mungkin teladan dari yang dicinta. Idolakan seseorang, maka dengan segala daya Anda akan berprilaku seperti orang itu.

Cintai Blackpink, maka bagi Anda tak akan ada bedanya Lisa dan Jennie. Anda akan bersuka cita ketika dapat kabar grup idola K-Pop itu meraih sertifikasi Brit Gold di Inggris. Anda akan memotong rambut seperti Lisa atau Jennie si imut.

Anda akan hafal di luar kepala isi “The Album” yang merupakan album penuh pertama Blackpink yang dirilis pada 2020. Dan Anda akan mengeja satu-satu judul semua lagu persis Anda mengeja nama-nama surah dalam Kitan Suci.

BACA JUGA  Sambut Ramadan 1445 H, LPM Dompet Dhuafa Lakukan Aksi Bersih-Bersih Masjid

Maka lagu-lagu pilihan seperti “How You Like That”, “Ice Cream” (with Selena Gomez), “Pretty Savage”, “Bet You Wanna” (featuring. Cardi B), “Lovesick Girls”, “Crazy Over You”, “Love To Hate Me”, dan “You Never Know”. Luar biasa!

LEAVE A REPLY