Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengatakan peningkatan kasus positif terinfeksi virus corona dan tingkat kematian pasien pada pekan ini disebabkan menurunnnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan karena euforia masyarakat terhadap pelaksanaan vaksinasi.

Selain itu, kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Selasa, dampak libur perayaan Paskah pada 4 April 2021 juga menjadi penyebab kenaikan jumlah kasus COVID-19.

“Penambahan kasus positif dan kematian ini bisa terjadi karena dampak dari libur Paskah pada 4 April 2021 dan menurunnya kepatuhan protokol kesehatan yang mungkin terjadi karena euforia vaksinasi,” kata Wiku.

Wiku menyampaikan data terbaru per 18 April 2021 bahwa kenaikan kasus positif COVID-19 mingguan mencapai 14,1 persen, padahal pada pekan lalu kasus COVID-19 menurun 14 persen.

“Per 18 April, sangat disayangkan setelah mengalami penurunan pada minggu lalu, di minggu ini penambahan kasus positif dan kematian kembali meningkat,” ujarnya.

Perkembangan kondisi pandemi ke tren negatif ini, ujar Wiku, perlu segera dihentikan agar tidak berkelanjutan di pekan berikutnya.

Dia berpandangan masyarakat perlu diberikan edukasi bahwa vaksinasi tidak mengeliminasi kemungkinan terpapar COVID-19. Vaksinasi bertujuan untuk mengurangi risiko dan keparahan yang ditimbulkan dari infeksi virus corona

BACA JUGA  Posko Desa Efektif Perkuat PPKM Mikro

LEAVE A REPLY