Dai Pemberdaya Cordofa (Corps Dai Dompet Dhuafa) membagikan sedekah daging melalui kurban sapi kepada 150 KK di Desa Patas, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, tepat di hari raya Iduladha 1444 Hijriah, Kamis (29/6/2023). (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Besarnya potensi daging yang bisa dihasilkan dalam pelaksanaan ibadah kurban berpeluang untuk memperbaiki tingkat gizi dan kesehatan masyarakat, terutama kelompok termiskin.

Namun, potensi kurban terdistribusi amat tidak merata, kesenjangan yang lebar terjadi antara daerah metropolitan, utama Jawa dengan wilayah lainnya.

Lembaga Riset Institute for Demographic and Poverty Studies (IDEAS) mengidentifikasi sejumlah daerah prioritas intervensi gizi protein hewani melalui kurban, yaitu daerah dengan konsumsi daging yang sangat rendah, mendekati nol, dan dengan jumlah orang termiskin (mustahik) yang besar.

“Daerah-daerah prioritas intervensi gizi melalui kurban ini didominasi oleh daerah luar Jawa dengan karakteristik umum adalah daerah tertinggal dan terisolasi, seperti Kabupaten Majene, Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten  Hulu Sungai Selatan,” kata Haryo Mojopahit, Peneliti IDEAS dalam keterangan tertulis, Selasa (11/6/2024).

Haryo Mojopahit, Peneliti IDEAS. (Foto: IDEAS)

Haryo menambahkan, terdapat beberapa daerah di Jawa yang masuk dalam kategori daerah prioritas intervensi gizi melalui kurban ini seperti Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak. Padahal, daerah-daerah tersebut dekat dengan kota-kota besar.

Dari simulasi IDEAS terlihat bahwa daerah dengan potensi surplus kurban terbesar didominasi daerah metropolitan Jawa, seperti Jakarta (9.905 ton) serta Bandung Raya yaitu Bandung, Cimahi dan Kab. Sumedang (6.355 ton).

“Daerah surplus kurban terbesar lainnya adalah Sleman dan Bantul (4.975 ton), Bogor, Depok, dan Sukabumi (2.381 ton), Surabaya dan Sidoarjo (1.952 ton), Tangerang Selatan dan Kota Tangerang (1.699 ton) dan Bekasi (1.012 ton),” ujar Haryo.

BACA JUGA  IDEAS: Potensi Kurban 2020 Mencapai 20,5 Triliun

LEAVE A REPLY