MURATARA  – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melalui Dompet Dhuafa Sumsel merespon bencana banjir bandang yang melanda Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, Minggu (14/1/2023).

Shasky Dwi Eka Cahyani, ketua tim, menyampaikan hasil penelusuran bersama relawan yang telah berada di Desa Lawang Agung sejak kemarin. Data menunjukkan bahwa banjir memaksa warga setempat untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman, seperti masjid dan di pinggir jalan kota.

Meskipun sebagian rumah warga sudah mulai surut, beberapa daerah masih terendam.”Saat ini, air sudah mulai surut sekitar 1 meter di dua kabupaten hilir, tetapi situasi masih memerlukan pemantauan lebih lanjut,” ungkap Shasky, dalam keterangan tertulisnya.

Shasky mengungkapkan bahwa tim Dompet Dhuafa Sumsel juga melaksanakan giat aksi berupa layanan Pos Hangat di Desa Lawang Agung. Pos dan aktivitas layanan dilakukan di Masjid As-suhada Desa Lawang Agung.

“Pasokan air bersih dan Hygiene Kit menjadi kebutuhan mendesak untuk membantu warga yang terdampak. Selama berada di lokasi bencana, tim Dompet Dhuafa Sumsel berkolaborasi dan bermitra bersama TAGANA (Badan Penanggulangan Bencana) dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Muratara. Kolaborasi ini diharapkan dapat mempercepat respon dan bantuan yang diperlukan oleh masyarakat yang terdampak banjir,” tutup Shasky.

 

BACA JUGA  Wakaf Termasuk Amal Jariyah, Pahalanya Terus Mengalir Tanpa Henti

LEAVE A REPLY