Salman Al Farisyi menggagas Sekolah Inspirasi pada Volunesia Bootcamp 2022 yang digelar Dompet Dhuafa Volunteer (DDV). (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Salah satu project yang dijalankan oleh Salman Al Farisyi pada Volunesia Bootcamp 2022 adalah ‘Sekolah Inspirasi’. Salman mengatakan bahwa metode yang digunakan dalam ‘Sekolah Inspirasi’ adalah hypnoparenting agar perilaku anak dalam segi berbahasa dan respons emosional anak lebih terkontrol.

“Hypnoparenting berasal dari dua kata, Hypnosis dan Parenting, yang artinya suatu metode memberikan sugesti positif (hypnosis) yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya berkaitan dengan perkembangan dan pendidikan anak. Tekniknya ternyata mudah, bahkan bisa dilakukan di rumah secara tidak sadar,” jelas Salman.

“Pada waktu-waktu yang rileks, orang tua bisa menjalin komunikasi dengan anak tentang masalah yang dihadapi. Dalam kondisi ini, orang tua bisa memberikan sugesti positif dengan kata-kata positif yang berguna untuk mengatasi anak yang ‘bermasalah’ atau memberikan sugesti yang berguna untuk tumbuh kembang anak,” lanjutnya.

Melihat berbagai permasalahan pascapandemi, Salman Al Farisyi sebagai praktisi pendidikan, tergerak untuk memberikan edukasi kepada orang tua maupun anak.

Metode yang digunakan dalam Sekolah Inspirasi adalah hypnoparenting. (Foto: Dompet Dhuafa)

“Beberapa masalah seperti emosional anak tidak terknontrol, cara berbahasa yang kurang sopan, adalah salah satu dampak pandemi,” sebut Guru IT tesebut.

“Sekolah Inspirasi adalah pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh relawan di pinggiran kota Jakarta dengan penerima manfaat yaitu orang tua dan anak dengan tujuan mewujudkan generasi emas yang berkarakter, berperilaku baik, berbahasa sopan, dan santun,” umbuhnya.

Salman berharap, orang tua sadar akan pentingnya pendidikan karakter, terbentuknya kebiasaan baru dalam cara mendidik anak. Selain itu, ‘Sekolah Inspirasi’ bisa menjadi program berkelanjutan dan terus menebar manfaat untuk masyarakat, dapat bekerja sama dengan mitra swasta maupun negeri untuk melebarkan sayap kebermanfaatannya.

BACA JUGA  Voluntrip Banten 2021 di Kampung Cikalil

LEAVE A REPLY