Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dan Dompet Ummat turut dalam aksi pemadaman api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kelurahan Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (23/8/2023). (Foto: DMC DD)

ZNEWS.ID KUBU RAYA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dan Dompet Ummat turut dalam aksi pemadaman api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kelurahan Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (23/8/2023).

“Terlihat asap masih muncul dari lahan-lahan gambut di sini. Kami bersama Dompet Ummat melakukan aksi pemadaman api akibat karhutla yang terjadi,” terang Erwandi Saputra, Tim Response-Recovery DMC Dompet Dhuafa di sela-sela aksi pemadaman.

Lokasi ini sangat membahayakan sekolah yang berjarak sekitar 20 – 30 meter dari titik api. Hal ini membuat Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Sungai Raya harus meliburkan siswa dan para jajaran guru agar tidak terdampak asap karhutla.

Terlihat pantauan visual beberapa titik api masih menunjukan kebul asapnya dan muncul api ketika angin kencang datang. Sejauh ini, pemadaman dilakukan dengan mengandalkan sumber air sungai yang berdekatan dengan lokasi titik api.

Namun, secara pantauan visual, luas sungai tersebut tidaklah luas. Hal ini membuat pihak berwajib melakukan pengerukan/pengangkatan/pelebaran pinggiran sungai demi mendapatkan pasokan air yang banyak.

Selain itu, melalui Respons Darurat Kesehatan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (RDK LKC) membuka layanan Pos Medis di SMAN 4 Sungai Raya untuk relawan dan masyarakat setempat yang membutuhkan bantuan medis.

“Kami akan mengaktivasi Safe School dan Safe House secepatnya,” terang Muhammad Faisal, tim RDK LKC Dompet Dhuafa di tengah aksi layanan medis.

BACA JUGA  Jaga Kompetensi dan Kesiapsiagaan Personil, DMC Dompet Dhuafa Adakan Pelatihan Penyelamatan Air

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY