Ilustrasi Tips Jitu Pasarkan Produk UMKM melalui Sarana Media Sosial. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Kemajuan digital yang pesat telah membuat media sosial menjadi wadah efektif bagi para pengusaha memasarkan bisnis mereka dan mencapai lebih banyak pelanggan. Ini tentu sangat membantu pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hingga perusahaan besar dalam meningkatkan kesadaran merek di pasar yang penuh persaingan melalui strategi pemasaran konten yang kreatif.

Penelitian juga menunjukkan bahwa pemasaran konten adalah faktor terbesar yang berdampak pada peningkatan kesadaran merek.

Dosen dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Muhajirin Purwakarta, Dian Ikha Pramayanti, memberikan panduan untuk memasarkan produk UMKM secara efektif di media sosial.

Menurutnya, langkah pertama adalah memilih platform yang tepat, memahami audiens target, membuat profil bisnis yang menarik, menghasilkan konten yang relevan dan menarik, serta melakukan analisis atau evaluasi kinerja.

Dian menjelaskan bahwa terdapat empat platform media sosial yang bisa dimanfaatkan dengan berbagai cara untuk mempromosikan produk UMKM.

Contohnya, TikTok efektif untuk membangun citra personal, sementara WhatsApp bermanfaat untuk memperkenalkan produk, promosi, dan berinteraksi dengan pelanggan. Sementara itu, Facebook dan Instagram juga dapat digunakan untuk membangun merek pribadi, menarik pembeli, dan memperkenalkan produk.

Para pelaku UMKM saat ini mengalami pertumbuhan pesat. Di seluruh Indonesia, jumlah UMKM pada tahun 2022 mencapai 8,71 juta unit.

BACA JUGA  Tips Siap Mental Hafal Al-Qur'an

LEAVE A REPLY