Ilustrasi Ucapan Positif Baik untuk Kesehatan Mental dan Kesejahteraan Anak. (Foto: iStockphoto)

ZNEWS.ID JAKARTA – Ucapan positif dari orang tua untuk membimbing anak dapat memberikan dampak yang besar pada kesehatan mental dan kesejahteraan mereka.

Menurut artikel di Hindustan Times, Psikoterapis Mansi Poddar menyatakan bahwa ketika umpan balik menyoroti upaya dan kemajuan, hal itu memvalidasi usaha anak dan merayakan pertumbuhan mereka.

“Ini membangun kepercayaan diri dan citra diri yang positif. Daripada hanya mengatakan ‘pekerjaan bagus’, lebih baik katakan ‘Saya suka cara kamu menggunakan warna yang berbeda dalam gambar itu’,” jelasnya.

Mansi Poddar menekankan bahwa umpan balik positif dapat membawa kebahagiaan sejati dalam proses belajar dan pencapaian anak, serta memupuk kecintaan terhadap pembelajaran dan motivasi diri. Mengapresiasi kerja keras yang dilakukan anak sangat penting.

Ia juga menyatakan bahwa anak-anak belajar mengenali dan mengelola emosinya ketika orang tua memberikan umpan balik yang mengakui perasaan mereka.

Ini memupuk kecerdasan emosional, dan orang tua perlu fokus pada bagaimana perilaku anak memengaruhi mereka, seperti saat anak mau berbagi mainan dengan temannya.

“Ketika kita merayakan upaya dalam menghadapi tantangan, hal ini membantu meningkatkan ketahanan pada anak. Tanggapan sederhana seperti, ‘Saya tahu ujian itu sulit, tetapi kamu terus berusaha!’, dapat membuat perbedaan besar. Anak-anak belajar bahwa kesalahan adalah batu loncatan, bukan kemunduran. Ini membangun ketabahan dan kemampuan untuk bangkit kembali dari kegagalan,” jelasnya.

BACA JUGA  Kritetia Sah dan Tidaknya Surat Suara pada Pemilu 2024

LEAVE A REPLY