Perpustakaan Keliling berlangsung di Taman Kota Prabujaya, yang merupakan pusat Kota Prabumulih, Sumatra Selatan. (Foto: DDV)

ZNEWS.ID PRABUMULIH – Kemampuan literasi adalah aspek yang harus dikuasai oleh hampir semua individu. Selain itu, literasi juga memiliki dampak positif yang besar terhadap perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama di Indonesia.

Seperti kita ketahui, Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat literasi yang rendah. Oleh karena itu, ini menjadi dorongan bagi kita semua untuk bersama-sama  meningkatkan literasi.

Salah satu program yang dijalankan oleh Dompet Dhuafa Volunteer Chapter Prabumulih untuk meningkatkan literasi adalah program Perpustakaan Keliling. Program ini berasal dari Divisi Pendidikan dan menjadi salah satu program utama dari DDV Chapter Prabumulih.

DDV Chapter Prabumulih bekerja sama dengan Pemerintah Kota Prabumulih, khususnya dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Prabumulih. Setiap bulannya, program ini dilaksanakan dengan penuh antusiasme oleh siswa-siswa dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama.

Perpustakaan Keliling berlangsung di Taman Kota Prabujaya, yang merupakan pusat Kota Prabumulih, Sumatra Selatan, agar manfaatnya bisa dirasakan oleh semua orang.

“Alhamdulillah, di bulan Agustus ini kita telah melaksanakan program perpustakaan keliling seperti yang biasa kita lakukan setiap bulan. Kita juga mengundang siswa-siswa Sekolah Dasar untuk meningkatkan literasi masyarakat. Terima kasih kepada mitra kami, yaitu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Prabumulih yang telah mendukung kegiatan ini,” kata Triyuni, Kepala Divisi Pendidikan yang akrab disapa Ria,
Minggu (6/8/2023).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Koordinator DDV Chapter Prabumulih, Andika Riantana.

“Bulan ini sejalan dengan Hari Anak Nasional, sehingga program ini sesuai dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi. Kami juga menyelenggarakan berbagai permainan untuk siswa-siswa SD agar mereka tertarik untuk membaca buku-buku yang telah kami sediakan,” ujarnya.

BACA JUGA  Lewat Remember, PPJI Jakarta Ajak Ratusan Yatim Nostalgia dan Berbagi Kebahagiaan

Andika berharap, kerja sama antara DDV Chapter Prabumulih, pemerintah, dan para pemangku kepentingan lainnya dapat terus berlanjut, sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya di Kota Prabumulih.

Oleh: Teguh Setyo Nugroho

LEAVE A REPLY