Ilustrasi Sumber Makanan Omega 3 dan 6 untuk Tumbuh Kembang Anak. (Foto: crossfittype44.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Omega 3 merupakan jenis asam lemak yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Fungsi penting dari omega 3 antara lain membantu meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, menekan depresi dan kecemasan, hingga menjaga daya visual.

Salah satu Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia, Prof Dr Ir Made Astawan MS, mengatakan bahwa secara ilmiah terdapat korelasi erat antara asupan omega 3 dan 6 yang cukup dengan proses tumbuh kembang anak.

“Masing-masing asam lemak omega tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Omega 3 terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Docosahexaenoic acid (DHA), Eicosapentaenoic acid (EPA) dan Alpha-linolenic acid (ALA) di mana masing-masing memiliki fungsi yang penting,” kata Made, dilansir dari Antara.

Made menambahkan, asam lemak omega 6 yang terdiri dari linolenic acid (LA) dan arachidonic acid (ARA) berfungsi sebagai sumber energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Oleh karena itu, semua fungsi tubuh perlu dijaga dalam kondisi baik agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Sesuai saran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, anak-anak disarankan untuk mengonsumsi dan memenuhi kebutuhan omega 3 sebanyak 0,7 – 0,9 gram per hari.

Kandungan omega 3 banyak ditemukan pada beberapa jenis makanan, seperti ikan makarel, sarden, salmon, telur, biji chia, sayuran hijau. Sementara itu, kandungan omega 6 banyak ditemukan pada kedelai, almond, tahu, dan tempe.

BACA JUGA  Psikolog Ingatkan Orang Tua Tidak Terpengaruh Tuntutan Sekitar saat Asuh Anak

LEAVE A REPLY