Ilustrasi diabetes. (Foto: istockphoto)

ZNEWS.ID JAKARTA – Penyakit yang dikenal dengan sebutan kencing manis ini menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Jumlah penderita diabetes terus meningkat setiap tahun. Hal ini diperburuk oleh pola hidup masyarakat yang kurang sehat.

Baru-baru ini, penelitian menunjukkan bahwa laki-laki memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi diabetes dibandingkan perempuan, tanpa memandang durasi mereka menderita diabetes tipe satu atau tipe dua.

Menurut studi yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology & Community Health, komplikasi utama seperti penyakit kardiovaskular, masalah pada kaki dan ginjal, serta retinopati diabetik yang memengaruhi penglihatan lebih sering terjadi pada laki-laki, baik mereka telah menderita diabetes selama lebih dari sepuluh tahun atau kurang.

Seperti yang dilaporkan oleh Medical Daily, temuan ini didasarkan pada survei terhadap 267.357 orang dalam studi prospektif besar di Australia yang disebut The 45 and Up Study.

Dari total peserta yang berusia di atas 45 tahun, 25.713 orang menderita diabetes tipe satu atau tipe dua. Mereka kemudian dipantau menggunakan data rekam medis untuk mengamati perkembangan masalah kesehatan terkait diabetes.

Masalah kesehatan yang diperhatikan dalam studi ini meliputi penyakit kardiovaskular (penyakit jantung iskemik, stroke, gagal jantung, dan kardiomiopati diabetik), masalah mata (katarak dan retinopati diabetik), masalah kaki (kerusakan saraf, neuropati perifer, luka, selulitis, peradangan tulang, sirkulasi darah buruk, dan amputasi), serta masalah ginjal (gagal ginjal akut, penyakit ginjal kronis, gagal ginjal kronis, dialisis, dan transplantasi ginjal).

Dari seluruh pasien diabetes dalam studi ini, 58 persen mengalami diabetes selama kurang dari sepuluh tahun dan 42 persen lebih dari satu dekade. Hasil analisis menunjukkan bahwa laki-laki secara umum memiliki tingkat dan risiko komplikasi yang lebih tinggi terkait dengan diabetes.

BACA JUGA  Cine Charity #6: Berbagi Cinta dengan Cerita Buya Hamka

LEAVE A REPLY