Ilustrasi Pria dengan Masalah Kesuburan Lebih Berisiko Terkena Kanker Payudara. (Foto: medicalnewstoday.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Penelitian terbaru menemukan bahwa pria yang tidak subur kemungkinan dua kali lebih beresiko terkena kanker payudara daripada mereka yang tidak memiliki masalah kesuburan.

Dikutip dari Independent, studi ini juga menemukan ada lebih banyak pria tanpa anak di antara mereka yang telah didiagnosis menderita kanker payudara.

Para ilmuwan di The Institute of Cancer Research, London (ICR), menyarankan penelitian lanjutan untuk memahami penyebab yang mendasar kanker payudara pada pria. Sebab, ini masih menjadi sesuatu yang belum diketahui.

Penulis studi, Dr Michael Jones, seorang ilmuwan serta staf senior dalam genetika dan epidemiologi di ICR, mengatakan bahwa ini adalah temuan penting yang menghubungkan tingkat kesuburan atau infertilitas dengan kanker payudara pada pria.

“Studi kami menunjukkan bahwa pria tidak subur mungkin dua kali lebih memungkinkan menderita kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak memiliki masalah kesuburan,” ujar Jones.

Jones mengatakan, alasan di balik hubungan ini tidak jelas, dan ada kebutuhan lebih lanjut untuk menyelidiki peran mendasar dari hormon kesuburan terhadap risiko kanker payudara pada pria.

Temuan terbaru ini diharapkan dapat membuka pengetahuan baru tentang penyebab yang mendasari kanker payudara para pria dan wanita.

“Kanker payudara sering dianggap sebagai sesuatu yang hanya menyerang wanita, tetapi pria juga dapat didiagnosis dengan penyakit ini,” kata Jones

BACA JUGA  Cara Efektif Mencegah Kanker Payudara

LEAVE A REPLY