JAKARTA – Setiap muslim pasti ingin memberikan sedekah dengan penuh kebaikan, tanpa mengharapkan pujian dari orang lain, hanya berharap rida Allah SWT. Oleh karena itu, memberikan sedekah secara sembunyi-sembunyi dianggap lebih utama daripada terang-terangan.

Adab bersedekah dengan cara ini sudah dikenal sejak zaman Nabi, seperti yang tercatat dalam Sahih Bukhari dalam kitab az-Zakat. Berikut kisahnya:

Suatu malam, ada seseorang yang keluar untuk mencari orang yang berhak menerima sedekah. Dia bertemu dengan seorang laki-laki yang dikira orang miskin. Kemudian, ia meletakkan sedekah itu. Padahal,nlaki-laki itu seorang pencuri.

Esok harinya, di pasar banyak orang berkumpul. Pencuri itu menyampaikan kejadian yang didapatnya semalam. Lantas, khalayak ramai membicarakan orang yang bersedekah tadi.

Meskipun identitas orang yang bersedekah ini belum ketahuan, ia gelisah karena merasa salah sasaran. Ia pun minta perlindungan dan mendoakan pencuri itu di hadapan Allah.

Dia kembali bersedekah di malam berikutnya, kali ini semakin malam. Dia berharap agar sedekahnya tepat sasaran. Ia pun memberikan sedekah kepada seorqng wanita. Seperti malam sebelumnya, ia meletakkannya. Ternyata, wanita itu adalah pezina.

Keesokan harinya, wanita ini bercerita kepada khalayak ramai tentang orang yang bersedekah kepadanya. Pelaku sedekah mendengar keramaian itu, dan kembali berdoa, “Ya Allah bagi-Mu segala puji, kepada wanita pezina.”

Masih merasa salah sasaran, ia kembali bersedekah di malam berikutnya. Dengan usaha yang sama, ternyata kali ini ia menaruh sedekah kepada orang yang kaya.

Lantas, ia sedih karena sudah tiga kali bersedekah secara sembunyi-sembunyi namun selalu salah sasaran. Ia kembali berdoa keada Allah, termasuk mendoakan ketiga penerima sedekah itu.

Keutamaan Sedekah 

Bersedekah dan menolong sesama dapat meringankan beban sesama, juga mendatangkan pahala dan kebaikan.

BACA JUGA  Histeris, Ibu ini menjerit lihat korban tertimbun longsor

“Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik.” (HR Bukhari no. 1413, 3595 dan Muslim no. 1016)

1. Sedekah Mengundang Datangnya Rezeki

Allah SWT berfirman: “Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang terbaik.” (QS Saba’ Ayat 39)

2. Memperpanjang Umur

“Sesungguhnya sedekah seorang muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yg su’ul khotimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan sifat berbangga diri darinya.” (HR Thabrani)

3. Mencegah Dari Api Neraka

“Jauhilah neraka walaupun dengan bersedekah sebelah butir kurma, maka siapa saja yg tidak mendapatkannya, maka hendaklah (bersedekah) dengan kata-kata yang baik’.” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Dapat Pahala dan Keutamaan 700 Kebaikan 

Allah SWT berfirman: “Perumpamaan orang yg menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” (QS Al-Baqarah Ayat 261)

5. Sedekah Menghapus Dosa

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR At Tirmidzi)

6. Mendapatkan Ketenangan dan Kelapangan Jiwa

“Orang yang bersedekah merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, karena pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR Bukhari no.1443)

7. Menghindarkan atau Menolak Bala 

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR Imam Baihaqi)

BACA JUGA  Beasiswa LPDP 2024 Telah Dibuka, Cek Jadwal, Syarat dan Dokumen Pendaftaran

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Tirmidzi)

Hikmah Bersedekah

Di balik kejadian itu ternyata Allah mengetahui keikhlasan orang pemberi sedekah itu, dan tetap mencatat pahalanya.

Hingga ajaibnya, ia mimpi didatangi oleh seseorang yang membawa kabar gembira bahwa Allah menerima sedekahnya dan membalasnya dengan pahala. Dia pun diberitahu hikmah besar di balik sedekah keada tiga orang tersebut.

Hikmahnya adalah karena sedekah itulah sang pencuri sadar atas kesalahannya yang telah lalu, kemudian ia bertobat tidak mencuri lagi.

Sementara wanita pezina itu menggunakan hasil sedekah tadi untuk menjaga diri dari zina dan memulai hidup baik dengan harta tersebut.

Sedangkan orang kaya tadi ternyata belum pernah bersedekah dan berinfak. Sehingga, orang kaya itu terdorong untuk bersedekah dan menginfakkan hartanya.

Masya Allah, sungguh penuh hikmah kisah di atas. Marilah kita meneladani etika sedekah yang tanpa pamrih seperti ini. Bahkan ketika salah sasaran pun, Allah tetap memberikan hikmah yang luar biasa.

LEAVE A REPLY