Ilustrasi Solusi Atasi Kerusakan Lingkungan Menurut Islam. (Foto: shutterstock.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Isu tentang memburuknya polusi udara di DKI Jakarta pada pertengahan 2023 menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Situasi ini sangat mengkhawatirkan karena polusi udara telah menyebabkan sebagian warga menderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Bahkan, beberapa orang dengan kulit sensitif mengalami perburukan kondisi kulit mereka, seperti jerawat meradang yang sulit sembuh.

Diketahui bahwa limbah udara dari industri dianggap sebagai penyebab utama meningkatnya polusi udara di sekitar wilayah Jakarta. Selain itu, asap kendaraan yang terus bertambah di jalan-jalan Jakarta juga turut berkontribusi pada tingginya tingkat polusi udara di Ibu Kota.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan dan tindakan yang tepat guna mengurangi emisi limbah udara dari industri serta kendaraan bermotor. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat kembali menghirup udara yang bersih dan sehat.

Polusi udara atau pencemaran udara termasuk dalam kategori kerusakan lingkungan, karena udara yang sebelumnya bersih dan sehat sebagai anugerah dari Allah SWT mengalami penurunan kualitasnya akibat terkontaminasi oleh zat-zat kimia asing yang merusak komposisi udara.

Dampak negatif dari polusi ini mengancam kesehatan manusia dan merusak lingkungan. Maka, penting untuk mencari cara mengatasi kerusakan lingkungan ini, terutama jika melihat dari perspektif agama Islam.

Solusi Atasi Kerusakan Lingkungan Menurut Islam

Islam, sebagai agama yang mengedepankan rahmat bagi seluruh alam, memiliki peran yang luas dalam mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk bagaimana manusia seharusnya bersikap terhadap alam semesta. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT memberikan peringatan dan pedoman tentang pentingnya menjaga Bumi yang merupakan ciptaan-Nya.

Allah juga mengetahui bahwa manusia dapat melakukan kerusakan, meskipun telah diberikan peringatan. Oleh karena itu, selain memberikan pedoman tentang bagaimana menjaga alam semesta, Allah SWT juga memberikan solusi untuk mengatasi kerusakan lingkungan melalui Al-Qur’an. Hal ini mencerminkan kesempurnaan-Nya.

BACA JUGA  Forum Anak Laskar Pelangi Gelar "Operasi Semut" di Sejumlah Kawasan Wisata

LEAVE A REPLY