Ilustrasi – Cuaca ibukota Jakarta diselimuti awan hitam mendung yang berpotensi hujan. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pd/aa.

ZNEWS.ID JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau adanya sirkulasi siklonik di sejumlah wilayah dan diprediksi dalam tiga hari ke depan beberapa wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Informasi dari Humas BMKG Taufan Maulana yang diterima di Jakarta, terpantau adanya sirkulasi siklonik di perairan barat Aceh serta Kepulauan Riau yang membentuk konvergensi memanjang di perairan Utara Aceh, di Laut Natuna dan perairan barat Sumatera Barat.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di perairan Utara Pulau Kalimantan dan di perairan Utara Maluku Utara yang membentuk konvergensi memanjang di perairan utara Pulau Kalimantan, di Kalimantan Barat bagian utara, dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi Tengah dan di Laut Sulawesi.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daerah perlambatan kecepatan angin/konvergensi terpantau memanjang di perairan barat Lampung, Jawa Barat bagian selatan, dari Jawa Timur hingga Laut Jawa, di perairan Selatan Jawa Timur, NTT, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Selat Makassar hingga Sulawesi Tenggara dan di Papua Barat.

Wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada Rabu (25/11) adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah.

Selain itu Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BACA JUGA  Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Pandeglang

LEAVE A REPLY