Ilustrasi Sinergi Menyatukan Kepingan Asa Kebangkitan Pendidikan Tinggi. (Foto: Ist)

Oleh: Syahrizal Rachim (Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pendidikan merupakan salah satu sasaran pokok pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pada kehidupan sekarang ini, semua orang berkepentingan terhadap jalannya pendidikan karena pendidikan merupakan wadah pembinaan tenaga kerja, dapat untuk menambah lapangan pekerjaan, serta  untuk memperoleh status tertentu dalam masyarakat.

Dunia pendidikan sekarang ini dihadapkan pada tantangan kemajuan zaman. Dengan adanya kemajuan zaman ini, banyak aspek‐aspek kehidupan yang berubah dan bergeser.

Oleh karena itu, mau tidak mau, paradigma dan sistem pendidikan harus disesuaikan dengan  tuntutan zaman. Tentu saja perubahan tersebut diharapkan dapat  menuju pendidikan masa depan yang lebih baik.

Perubahan pendidikan yang pertama berkaitan dengan sistem pendidikan, yakni sistem pendidikan tradisional direformasi menjadi sistem pendidikan empowering of people.

Hal ini dilakukan karena pendidikan gaya lama (tradisional) menganggap siswa sebagai objek yang harus menerima apa saja yang diberikan guru, sistem pendidikan empowering of people tersebut diharapkan dapat mengembangkan kemampuan masyarakat.

Reformasi yang kedua berkaitan dengan orientasi pendidikan. Pendidikan sekarang ini harus berorientasi pada dunia kerja, sehingga penekanannya tidak semata‐mata pada aspek kognitif, namun juga pada aspek‐aspek kepribadian lainnya yang justru lebih penting, seperti aspek afektif dan psikomotorik.

Dengan demikian, pendidikan sekarang ini harus betul‐betul berorientasi pada life skill. Sekarang sudah saatnya menyiapkan peserta didik melalui pendidikan dengan pola, konsep, dan model baru yang dapatmengembangkan kepribadian.

Pendidikan harus membantu pengembangan peserta didik dalam konsep life skill yang menyiapkan peserta didik agar memiliki kecakapan hidup yang bermakna dan berguna di kemudian hari.

Dengan adanya orientasi, paradigma, dan sistem pendidikan yang baru diharapkan dapat mengatasi masalah pengangguran yang saat ini merupakan salah satu dari berbagai masalah ketenagakerjaan di Indonesia.

BACA JUGA  Tingkatkan Literasi Wakaf Anak Muda, Dompet Dhuafa Hadirkan Wakaf Goes to Campus

Berbagai cara telah diupayakan oleh pemerintah melalui dunia pendidikan, di antaranya dengan dikembangkannya pendidikan yang bercirikan keterkaitan dan kesepadanan (link and match) dan dikembangkannya pendidikan berbasis kompetensi.

LEAVE A REPLY