Serai. (Foto: 123rf.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sekilas, tumbuhan ini terlihat seperti rumput. Daunnya panjang, langsing, dan tajam. Namun, tumbuhan berumpun ini mengeluarkan aroma khas. Orang-orang mengenali serai sebagai rempah untuk masakan.

Serai memiliki banyak manfaat. Tak hanya sebagai bahan masakan, juga kesehatan. Menambahkan serai atau sereh ke dalam pola makan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Laman Medical Daily mencatat, tanaman ini dikenal memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang membantu melindungi Anda dari penyakit.

Faktanya, beberapa penelitian di masa lalu menunjukkan bahwa serai dapat menghentikan kerusakan gigi dengan melawan bakteri.

Selain itu, serai juga dipercaya dapat memperlancar pencernaan sekaligus membantu menstimulasi laju metabolisme tubuh. Tanaman ini bisa sebagai diuretik alami, mengeluarkan racun dari tubuh dalam bentuk urin.

Bagian daun dan minyak dari bahan makanan nabati ini sering digunakan untuk membuat obat. Namun, Anda tak perlu mengubahnya menjadi obat untuk menuai manfaatnya. Cukup diolah secara manual.

Serai juga ditemukan dalam masakan. Beberapa kuliner indonesia banyak yang menggunakan tumbuhan jenis rumput-rumputan Ini.

Serai bisa juga dimanfaatkan untuk membuat teh herbal, digunakan dalam membuat sup, olahan nonvegetarian, dan sebagai penyedap rasa.

Editor: Agus Wahyudi
Sumber: Antara

LEAVE A REPLY