Oleh: Muhammad Wahyudin Nur (Alumni SMART Angkatan 8 Berkuliah di Unpad Jurusan Sastra Arab)

ZNEWS.ID JAKARTA – Berangkat dari ayat, “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”. (QS. Al Baqarah: 216)

Hidup itu tidak melulu seperti yang kita mau, seperti peribahasa yang sering kita dengar atau baca,”Man Proposes, God Disposes”. Kita bisa saja membuat  rencana-rencana cantik yang sekilas membuat hidup kita terasa indah, namun kehendak Allah kadang mengubah semua rencana-rencana cantik tersebut.

Sebagaimana ayat di atas, ayat yang tak bosan-bosannya teman sekamar saya di Asrama SMART Ekselensia Indonesia, lantunkan. Boleh jadi kita membenci sesuatu padahal itu baik bagi kita.

Dan, boleh jadi kita menyukai sesuatu padahal itu buruk bagi kita. Ayat tersebut benar benar menyentuh hati saya ketika saya lulus dari SMART Ekselensia Indonesia.

Rencana yang saya buat begitu Indah kala itu, betapa cantiknya ketika membayangkan lulus SNMPTN di perguruan tinggi ternama di Bogor, mempelajari Ilmu Komputer yang saat itu sangat saya gemari.

Tetapi, keputusan pahit hadir menampar saya. Membuat saya terbangun dari angan-angan indah tersebut. PLAK! Wahyudin tidak diterima di kampus tersebut melalui jalur undangan.

Saat itu, saya begitu yakin dengan nilai-nilai saya. Luar biasa, pelajaran besar. Kejadian tersebut begitu menampar saya dan menciptakan galau berkepanjangan.

BACA JUGA  Arti Perjuangan

LEAVE A REPLY