Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/8/2023). (Foto: ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

ZNEWS.ID JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Upacara Detik-Detik Proklamasi pada 17 Agustus 2024 dijadwalkan akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Insyaallah. Tahun depan insyaallah sudah di IKN. Kita lihat nanti,” kata Presiden kepada awak media sebelum memulai Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Rencana untuk menggelar Upacara 17 Agustus 2024 di IKN menandakan bahwa upacara yang diadakan di Istana Merdeka pada Kamis ini akan menjadi yang terakhir kalinya diadakan di Jakarta sebagai ibu kota.

Sejalan dengan itu, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, dengan yakin menyatakan bahwa Upacara Peringatan HUT ke-79 RI yang dipimpin oleh Kepala Negara akan diadakan di ibu kota baru.

“Insyaallah, tahun depan kita sudah melaksanakan HUT RI di Ibu Kota baru,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada hari Kamis.

Dalam upacara tersebut, Presiden mengenakan pakaian tradisional Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Surakarta, Jawa Tengah, dan berperan sebagai Inspektur Upacara dalam rangka Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 dengan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju.”

Tema perayaan HUT RI tahun ini mencerminkan panggilan kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus maju dalam pembangunan, dengan semangat kolaborasi dan sinergi yang kuat.

Sebelum dimulainya upacara, Bendera dan Naskah Proklamasi diarak dalam Kirab dari Monumen Nasional ke Istana Merdeka menggunakan kereta kencana.

Sumber: Antara

BACA JUGA  Presiden Minta Penerapan PPKM Lebih Tegas dan Konkret

LEAVE A REPLY