Danau Ranau. (Foto: Instagram.com/anandaputrilaras)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pulau Sumatra menyimpan kekayaan alam luar biasa dan jarang ditemui di tempat lain di Indonesia. Salah satunya adalah Danau Ranau yang berada di dua provinsi, Lampung dan Sumatra Selatan.

Danau Ranau memiliki luas 125,9 kilometer persegi dengan titik terdalam 174 meter di bawah permukaan air. Lokasinya di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel dan Kabupaten Lampung Barat, Lampung.

Bukit-bukit hijau Pegunungan Bukit Barisan seperti memagari hamparan biru danau terbesar kedua di Sumatra setelah Danau Toba. Pemandangan sekitar danau yang masuk ke dalam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sangat indah dengan latar Gunung Seminung yang berdiri angkuh setinggi 1.881 meter di atas permukaan laut.

Seperti juga Danau Ranau, Gunung Seminung berada di antara perbatasan Sumsel dan Lampung, tepatnya di antara Kecamatan Sukau, Lampung Barat dan Kecamatan Banding Agung, Ogan Komering Ulu Selatan. Pada beberapa tepian danau membentuk daratan landai seperti pantai lengkap dengan pasir putih dan barisan pohon kelapa.

Tercatat ada tiga tepian yang kemudian dinamai sebagai Pantai Bidadari, Pantai Pelangi, serta Pantai Sinangkalan dan seluruhnya berada di wilayah Sumsel. Tepat di tengah danau terdapat sebuah daratan kecil bernama Pulau Marisa.

Keistimewaan pulau tak berpenghuni seluas 2 hektare dan banyak ditumbuhi pohon kelapa tersebut adalah terdapat sumber air panas. Kita dapat berendam di kolam sulfur Pulau Marisa dan selesai menikmati kehangatan air panasnya, kita bisa membilas diri di kamar mandi yang telah disiapkan.

Tak hanya di Pulau Marisa, mata air panas juga bisa ditemukan di daerah sekitar Danau Ranau, seperti di Batu, tepat di kaki Gunung Seminung, kemudian di Ujung dan Way Wahid. Munculnya mata air panas bukanlah tanpa sebab, tapi terkait sejarah terbentuknya Danau Ranau.

Pulau Sumatra di masa lampau memiliki catatan aktivitas vulkanik yang sangat dahsyat, ditandai oleh terbentuknya danau-danau kaldera raksasa, salah satunya adalah Danau Ranau.

LEAVE A REPLY