Ilustrasi: Dompet Dhuafa Yogyakarta berkolaborasi dengan Gardena Departemen Store menghadirkan Dongeng Kebaikan dan Buka Puasa bersama Anak Yatim dengan tema Magnificent Ramadan, di Yogyakarta, Minggu (26/3/2023). (Foto: DD Yogyakarta)

Oleh: Andi Ahmadi (Penggiat Literasi Keluarga, Fasilitator Keluarga Madaya Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Beberapa bulan lalu, saya mengikuti kegiatan mentoring mendongeng yang diadakan Dongeng Academy. Tujuan awal, sih, agar bisa mendongeng untuk anak sendiri dan anak-anak di sekitar tempat tinggal saya.

Namun, setelah saya mengikuti rangkaian kegiatannya, saya tersadarkan bahwa mendongeng itu adalah salah satu cara yang efektif dalam menyiapkan generasi masa depan yang kuat dan tangguh. Saya jadi terpacu untuk semakin mendalami keterampilan ini.

Sebagai guru dan orang tua yang terlibat langsung dalam proses pendidikan dan pengasuhan, sudah selayaknya kita memiliki kemampuan mendongeng, meskipun hanya keterampilan dasar. Keterampilan mendongeng akan menjadi nilai lebih bagi seseorang, apapun profesinya.

Kenapa harus dongeng? Bukannya dongeng itu hanyalah cerita fiktif? Mungkin sebagian dari kita juga pernah terlintas pertanyaan seperti itu. Nah, sebelum terlalu jauh bahas tentang dongeng itu seperti apa, mari kita pahami dulu maknanya.

Padanan kata yang paling mendekati dengan makna dongeng adalah bertutur, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan oral storytelling. Apa bedanya dengan storytelling biasa? Storytelling artinya bercerita, dalam pelaksanaannya bisa menggunakan apa saja, tidak harus melalui suara.

Sedangkan oral storytelling (bertutur) pasti menggunakan suara. Selain itu, storytelling bisa dilakukan kepada semua jenjang usia, sedangkan mendongeng hanya dilakukan kepada anak-anak. Di beberapa referensi, mendongeng disebut juga dengan storytelling for kids.

Lalu, apa manfaat dari mendongeng?

Kalau ditanya apa manfaat mendongeng, sebagian besar orang pasti akan menjawab untuk menumbuhkan karakter pada anak. Jawaban tersebut tentu saja benar, tapi sesungguhnya manfaat mendongeng tidak hanya itu.

BACA JUGA  Literasi Bagian Penting dalam Pendidikan

LEAVE A REPLY