Ilustrasi Buah Apel. (Foto: pexels.com/fecundap6)

ZNEWS.ID JAKARTA – Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya flavonol, seperti buah apel, dapat membantu melawan kelemahan yang disebabkan oleh penuaan.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa flavonol memiliki sifat antikanker, antioksidan, antiinflamasi, dan antivirus.

Sifat-sifat ini juga diketahui memiliki efek perlindungan terhadap gangguan neurologis dan kardiologis. Selain apel, senyawa ini juga terdapat dalam sayuran berdaun, bawang, brokoli, dan buah beri.

Menurut penelitian ini, mengonsumsi makanan nabati seperti apel dan buah beri hitam dapat mengurangi risiko kelemahan atau yang dikenal sebagai Frailty.

Frailty mempengaruhi sekitar 10 persen orang di atas usia 65 tahun. Tanda-tanda umum kelemahan meliputi sering merasa lelah, penurunan berat badan yang tidak disengaja, dan kehilangan kekuatan.

Keadaan ini meningkatkan risiko rawat inap, kecacatan, jatuh, patah tulang, dan kematian. Para ahli percaya bahwa asupan kalori yang memadai dan nutrisi yang tepat dapat mencegah kelemahan.

Mereka merekomendasikan untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan protein sehat serta mengurangi gula tambahan, lemak jenuh, dan natrium.

BACA JUGA  Berjalan 10.000 Langkah Sehari Ternyata Tidak Berpengaruh pada Berat Badan

LEAVE A REPLY