Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Indonesia Outdoor Festival (Indofest) dan Mangrove Jakarta menggelar kegiatan penanaman 1.000 bibit mangrove di kawasan Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (30/7/2023). (Foto: DMC DD)

ZNEWS.ID BEKASI – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Indonesia Outdoor Festival (Indofest) dan Mangrove Jakarta menggelar kegiatan penanaman 1.000 bibit mangrove di kawasan Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (30/7/2023).

Pantai Bahagia dipilih sebagai lokasi implementasi program karena dilokasi tersebut kondisi lingkungannya sudah cukup memprihatinkan akibat abrasi dan rob yang terjadi selama ini. Banyak tambak sebagai sumber mata pencaharian dan rumah warga terendam air laut.

Ahmad Qurtubi, Sekretaris Desa Pantai Bahagia, mengatakan bahwa pada 1980-an sampai 2022, telah hilang 2.500 hektare daratan (di Muara Gembong). Di Desa Pantai Bahagia sendiri ada sekitar 1.800 hektare yang terdampak abrasi, sehingga banyak warga yang berpindah karena daratannya sudah hilang.

“Tentunya kami sudah menjalin kerja,sama dengan berbagai pihak dan hari ini dengan DMC Dompet Dhuafa. Ini berbeda daripada kegiatan yang lain, kita ada knowledge tentang mangrove dan juga sharing edukasi dan sebagainya. Bukan hanya edukasi tentang mangrovenya (saja), melainkan tingkat kepedulian terhadap keadaan Bumi yang harus kita tanamkan kepada anak muda,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan edukasi kepada para peserta dan masyarakat Pantai Bahagia tentang pentingnya mangrove untuk kelestarian lingkungan pantai oleh Mangrove Jakarta, komunitas yang berbasis di Jakarta dan berfokus pada penanaman mangrove dan kesadaran perubahan iklim global.

“Alasan memilih daerah ini adalah merupakan salah satu wilayah yang mengalami keparahan cukup dalam terkait dengan dampak dari perubahan iklim, maka kami ingin berkolaborasi dan ingin berkontribusi untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim tersebut,” jelas Arif Rahmadi Haryono, Chief Executive DMC Dompet Dhuafa

Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari kampanye program Lestarikan Mangrove yang digelar saat event Indofest 2023.

BACA JUGA  Respons Banjir Parigi, Dompet Dhuafa Bantu Pencarian Korban hingga Aksi Bersih

LEAVE A REPLY