Peluncuran Gerakan #LengkapiVaksinasiAnak (foto:webinar)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Perusahaan farmasi multinasional yang berfokus dalam penelitian dan pengembangan obat dan vaksin inovatif, Merck Sharp & Dohme (MSD), didukung oleh Yayasan Bersatu Sehatkan Indonesia (YBSI) serta aplikasi kesehatan anak, PrimaKu, meluncurkan gerakan #LengkapiVaksinasiAnak sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran para orangtua di Indonesia untuk memberikan vaksinasi lengkap untuk perlindungan optimal bagi anak, khususnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Senin (27/7).

Ditemui pada saat peluncuran, dr. Meta Melvina, Ketua Yayasan Bersatu Sehatkan Indonesia mengatakan kurangnya kesadaran orang tua dalam memahami manfaat dan pentingnya imunisasi secara lengkap untuk anak menjadi penyebab kurangnya cakupan vaksinasi.

“Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, YBSI hari ini hadir memberikan dukungannya dalam gerakan #LengkapiVaksinasiAnak agar para ibu di Indonesia aktif dalam memastikan perlindungan optimal bagi anak mereka melalui vaksinasi yang lengkap,” ujar dr. Meta.

Lebih lanjut dikatakan dr. Meta, penyakit Campak, Gondongan, Rubela, dan Varisela, merupakan jenis penyakit yang bisa berdampak serius dan imunisasi perlu dilakukan secara komplit sesuai jadwal imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) agar kekebalan tubuh bisa optimal dan terhindar dari berbagai penyakit berat.

“Mengacu pada himbauan dari IDAI dan Kementerian Kesehatan, untuk tidak menunda imunisasi anak, kami menganjurkan para orangtua untuk segera datang ke dokter mereka dan memastikan anak sudah mendapatkan imunisasi lengkap, terutama untuk imunisasi Campak, Gondongan, Rubela, dan Varisela. Kalau belum mendapatkan imunisasi lengkap, sang anak memiliki risiko tinggi dan lebih rentan terhadap berbagai penyakit dari virus yang mudah menular saat mereka bermain dan bersosialisasi dengan keluarga dan banyak anak lainnya,” tambah dr. Meta.

dr. Antonius Hocky Pudjiadi, Sp.A (K), selaku perwakilan dari PrimaKu mengatakan, PrimaKu sebagai aplikasi digital yang didukung oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan berfokus pada tumbuh kembang anak, berharap gerakan ini dapat meningkatkan urgensi para orangtua dalam memberikan perlindungan optimal untuk anak mereka.

BACA JUGA  Anak Juga Bisa Terkena Hipertensi! Kenali Faktor Risiko, Penyebab dan Cara Mencegahnya

“Penyakit-penyakit seperti campak, gondongan, rubela, dan cacar air pada anak dapat dicegah dengan menggunakan vaksin. Pemberiannya dapat dilakukan sesuai dengan panduan yang tertera dalam jadwal imunisasi rekomendasi IDAI.” ujarnya.

Aplikasi PrimaKu dapat diunduh di Google PlayStore atau AppStore. Aplikasi ini bermanfaat bagi orangtua untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, serta dapat menjadi sumber informasi kesehatan, tumbuh kembang, dan imunisasi anak.

LEAVE A REPLY