Salah satu wisata alam di Dusun Klumprit, Wukirharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: Instagram.com/obelixhills)

ZNEWS.ID YOGYAKARTA – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai kembali ramai dikunjungi wisatawan. Setiap akhir pekan, bukan hanya Malioboro yang dipadati, tetapi “bukit wisata” juga ramai dikunjungi wisatawan.

Apa itu “bukit wisata”? Itu adalah bukit atau sebagian bukit yang disulap menjadi destinasi wisata. Belakangan ini banyak viral objek wisata yang berlokasi di atas bukit. Ada bukit di Gunungkidul, Kulon Progo, Sleman, maupun Bantul.

Biasanya, di bukit itu ada kedai kopi dan permainan. Pengunjung bisa bersantai sembari melihat kota atau panorama alam dari ketinggian.

Sekadar contoh, ada bukit wisata bernama Watu Amben yang terletak di perbatasan Kabupaten Gunung Kidul dan Bantul. Watu Amben terkenal dengan keindahan pemandangannya yang berupa lanscape Kota Yogyakarta.

Ketika cuaca cerah, Kota Yogyakarta bisa dilihat dari Watu Amben. Ada pemandangan gunung-gunung sekitar Yogyakarta, seperti Gunung Merapi, Merbabu, dan Sumbing. Bila malam, keindahan dari cahaya lampu Kota Yogyakarta bisa dinikmati dari Watu Amben.

Mengintip sunset juga tak kalah menarik. Beberapa pengunjung yang pernah melihat sunset di sana mengaku sunset yang terlihat di Watu Amben sangatlah indah dan cantik. Suasana juga segar dan sejuk khas pegunungan. Sunset tersebut juga dapat dijadikan sebagai spot untuk berswafoto.

Jika ingin melihat panorama Kabupaten Bantul juga bisa. Tinggal mencari bukit wisata di kawasan Bibis, Pajangan. Ada beberapa bukit wisata yang menjadi pilihan. Semuanya sama, menawarkan panorama dari ketinggian.

Kekuatan pemasaran dari bukit wisata adalah inovasi digital pengelola. Beberapa pihak memuji ide inovator sekaligus investor bukit wisata itu. Mereka membuat bukit wisata instagramable sehingga wisatawan berduyun-duyun datang ke sana.

Nama bukitnya juga gaul. Promosi medsos-nya gencar sehingga cepat dikenal. Portal berita pun ikut mengenalkan bukit-bukit wisata tersebut. Misalkan ada berita berjudul “10 Bukit Wisata di Yogyakarta yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan”.

LEAVE A REPLY