Ilustrasi menjaga kesehatan paru-paru. (Foto: healthworkscollective.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – World Health Organization (WHO) mengungkapkan bahwa kanker menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Berdasarkan informasi dari Global Burden of Cancer (Globocan) tahun 2020, kanker paru-paru berada pada posisi kedua dalam daftar kasus baru paling umum setelah kanker payudara.

Meskipun bukan yang paling umum, kanker paru-paru merupakan penyebab utama kematian akibat kanker, diikuti oleh kanker kolorektal, hati, lambung, dan kanker payudara.

Jumlah kasus baru yang signifikan dan tingginya risiko kematian akibat kanker paru-paru perlu mendapat perhatian serius, agar masyarakat memahami faktor-faktor penyebab kanker paru-paru dan dapat mengambil tindakan pencegahan sesegera mungkin.

Beberapa faktor penyebab kanker paru-paru yang perlu diketahui antara lain:

  • Kebiasaan Merokok

Merokok merupakan penyebab utama dari kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan rokok mengandung zat karsinogen yang dapat dengan cepat merusak lapisan sel pelapis paru-paru.

  • Paparan Asap Rokok

Tidak jauh berbeda dengan perokok aktif, perokok pasif juga sangat berisiko terkena kanker paru-paru karena kandungan dari asap rokok tersebut.

  • Faktor Usia 

Orang-orang dengan usia di atas 50 tahun sangat rentan terhadap penyakit, hal ini dapat menjadi risiko terkena kanker paru-paru.

  • Faktor Genetik atau Keturunan

Orang-orang dengan keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker paru-paru juga ikut berisiko untuk terkena kanker paru-paru.

  • Faktor Karsinogen 

Faktor karsinogen ini meliputi paparan zat kimia, radiasi, virus hormon dan iritasi kronis.

LEAVE A REPLY