JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyatakan akan mengevakuasi 1.000 warga Palestina ke rumah sakit di Indonesia.

Menurut Prabowo, pemerintah akan melakukan evakuasi terhadap 1.000 orang warga Palestina yang terluka untuk dirawat di rumah sakit di Indonesia.

“Indonesia juga sangat bersedia mengevakuasi dan merawat 1.000 warga Palestina yang terluka dan yang membutuhkan perawatan di rumah sakit Indonesia,” kata Prabowo, di Forum IISS Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura, Sabtu (1/6/2024).

Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pemerintah tengah melakukan proses terhadap upaya tersebut.

“Sedang dipersiapkan semua ya. Jadi ini sekarang proses semuanya sedang jalan tentunya,” kata Retno, Senin (3/6/2024), dilansir Republika.co.id.

Retno mengatakan persiapan bantuan kemanusiaan semacam itu biasanya memerlukan waktu yang lama. Tak menutup kemungkinan pelaksanaannya pada pemerintahan Prabowo mendatang.

“Karena pertanyaan pertama kan bagaimana mereka bisa keluar dari Gaza dan sebagainya. Jadi mungkin pada saat pelaksanaannya memang di bawah pemerintahannya pak presiden terpilih,” ucapnya.

Retno mengatakan saat ini pemerinah masih terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Berbagai cara juga ditempuh pemerintah untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

“Jadi kita melalui banyak sekali cara melalui banyak sekali jalan tapi yang perlu ditegaskan adalah komitmen bantuan kemanusiaan dan itu merupakan salah satu wujud konsistensi kita untuk membantu bangsa Palestina,” ungkapnya.

BACA JUGA  Muhammadiyah Kecam Keras Tindakan Tak Beradab Israel di Masjid Al Aqsha

LEAVE A REPLY