Ilustrasi kulit kering pada lansia. (Foto: Pixabay

ZNEWS.ID JAKARTA – Menurunnya kelembapan kulit pada lansia membuat mereka lebih rentan terhadap berbagai masalah kulit. Salah satunya kulit kering. Sehingga, lansia perlu perawatan yang lebih intensif dibandingkan orang dewasa pada umumnya.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Arini Astasari Widodo, Sp.DVE, menyarankan tiga langkah perawatan dasar untuk lansia yang memiliki kulit lebih sensitif dibandingkan dengan orang yang lebih muda.

“Pertama, pastikan penggunaan pembersih (cleanser) yang lembut. Jika menggunakan pembersih, usahakan agar tidak membuat kulit kering. Pilih pembersih yang tidak mengandung istilah sabun karena sabun mengandung banyak detergen dan alkali, yang dapat memicu masalah kulit pada lansia di kemudian hari,” kata Arini dilansir dari Antara.

Arini melanjutkan, penggunaan pelembap (moisturizer) pada lansia mungkin perlu lebih banyak dibandingkan orang dewasa pada umumnya karena harus menggantikan kelembapan kulit yang menurun.

Penggunaan pelembap dapat lebih optimal jika dipakai dalam 5 menit setelah mandi untuk mengunci kelembapan dalam kulit sehingga kulit tetap kenyal.

Selain itu, penggunaan tabir surya sangat penting untuk mencegah masalah kulit yang lebih ekstrem seperti kanker kulit yang berbahaya.

“Lansia lebih rentan terkena kanker kulit akibat paparan sinar matahari. Kanker kulit, termasuk melanoma yang merupakan tumor ganas, bisa sangat berbahaya dan mengancam jiwa. Selain itu, ada juga tumor jinak kulit dan kondisi pra-kanker yang belum menjadi kanker,” kata Arini.

BACA JUGA  Isra Mikraj, Ujian Keimanan Para Sahabat Generasi Awal

LEAVE A REPLY