Prima Hadi Putra (Direktur Komunikasi, Teknologi, dan Tata Kelola Yayasan Dompet Dhuafa Republika)

Oleh: Prima Hadi Putra (Direktur Teknologi, Komunikasi, dan Tata Kelola Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Tata kelola lembaga yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keberlanjutan, integritas, dan kredibilitas suatu lembaga atau organisasi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa tata kelola lembaga yang baik sangat penting:

  • Transparansi dan Akuntabilitas

Tata kelola yang baik melibatkan transparansi dalam pengambilan keputusan dan pelaporan. Ini membantu memastikan bahwa keputusan yang diambil didasarkan pada informasi yang akurat dan sesuai dengan tujuan organisasi.

Akuntabilitas mengacu pada tanggung jawab yang jelas terhadap pemangku kepentingan, seperti pemegang saham, karyawan, dan masyarakat umum.

  • Pencegahan Penyalahgunaan dan Korupsi

Tata kelola yang baik membantu mencegah penyalahgunaan kekuasaan dan korupsi di dalam organisasi. Dengan adanya sistem pengawasan yang efektif, tindakan yang merugikan organisasi atau pemangku kepentingan lainnya dapat diidentifikasi dan dicegah.

  • Peningkatan Kepercayaan

Organisasi dengan tata kelola yang baik cenderung lebih dipercaya oleh pemangku kepentingan, termasuk investor, klien, dan masyarakat. Kepercayaan ini merupakan aset berharga yang dapat membantu organisasi dalam menjalin hubungan yang kuat dengan berbagai pihak.

  • Efisiensi Operasional

Tata kelola yang baik memastikan bahwa organisasi beroperasi dengan efisien dan efektif. Struktur manajemen yang jelas dan proses yang terdefinisi baik membantu menghindari duplikasi tugas dan meminimalkan birokrasi yang tidak perlu.

BACA JUGA  Hana Aisha Gandeng Dompet Dhuafa dalam Penggalangan Dana "Palestine Scarf"

LEAVE A REPLY